5 Keuntungan Management Inventory dengan Aplikasi Siklog

Friday, 17 February 2023

Bukan perkara yang mudah, menjalankan pengelolaan inventaris yang sukses. Namun beruntungnya dengan perkembangan teknologi terkini, terdapat pilihan berbagai sistem yang dapat menghilangkan banyak kesulitan dalam prosesnya seperti melalui penggunaan teknologi aplikasi Siklog.

Siklog merupakan aplikasi yang membantu perusahaan untuk tetap kompetitif melakukan pengelolaan operasional harian perusahaan yang kompleks. Aplikasi ini membantu perusahaan untuk mengelola stok, mengisi pesanan, dan melacak keseluruhan produksi atau penjualan. Pengelolaan inventaris pada Siklog mendukung kinerja karyawan dengan memberikan nomor inventaris yang akurat dan menjaga agar material barang tetap teratur. Berikut beberapa keuntungan dari aplikasi manajemen inventaris ini;

 

Kemudahan organisir inventaris

Dalam menjalankan bisnis, pelaku usaha selalu berupaya mencari cara untuk menghemat waktu dan mengurangi biaya tenaga kerja. Aplikasi Siklog menyediakan salah satu cara terbaik untuk mencapainya. Manajemen inventaris yang baik dapat membantu Anda mengetahui dengan tepat berapa banyak barang inventaris yang perlu Anda miliki. 

Dengan memanfaatkan Siklog, akan membantu Anda mencegah kekurangan material, menambah material baru, dan memungkinkan Anda menyimpan persediaan yang cukup tanpa memiliki terlalu banyak persediaan di gudang. Strategi manajemen inventaris dengan Siklog ini sangat mendukung pengolaan gudang persediaan. Jika gudang Anda tidak terorganisir, tentu Anda akan kesulitan mengelola inventaris Anda.

 

Database informasi dengan lebih cepat

Pastikan Anda menyimpan seluruh catatan informasi barang di aplikasi ini. Informasi ini harus mencakup SKU, data barcode, pemasok, nomor lot, dan data penting lainnya. Dari kelengkapan data ini Anda dapat mengetahui dan mempertimbangkan setiap barang dari waktu ke waktu, sehingga Anda dapat mengetahui faktor apa yang dapat mengubah biaya, seperti kelangkaan dan musim barang tersebut ada.

Selain itu, kelengkapan data yang terdapat pada aplikasi ini membantu Anda memiliki waktu luang yang lebih. Anda dapat menghemat upaya untuk melakukan penghitungan ulang inventaris dalam memastikan catatan Anda akurat. Strategi manajemen inventaris yang baik juga akan membantu Anda menghemat uang yang dapat terbuang sia-sia untuk material yang bergerak lambat.

 

Meminimalisir human error

Fitur pada perangkat lunak Siklog akan membantu Anda dalam berbagai hal, seperti pemindai kode batang dari masing-masing material untuk membantu meningkatkan keakuratan serta mengurangi kesalahan yang biasa terjadi pada perhitungan manual secara drastis. Aplikasi ini dapat membantu menghilangkan proses manual sehingga karyawan dapat fokus pada area bisnis lain yang jauh lebih esensial.

 

Meningkatkan indikator kepuasan pelanggan

Keuntungan yang dimaksud ini adalah aplikasi Siklog dapat membantu meningkatkan pelayanan pelanggan Anda. Ini bisa terjadi karena Anda dapat memenuhi pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat. Penggunaan Siklog akan membantu Anda memenuhi permintaan ini dengan memungkinkan Anda memiliki material yang tepat segera setelah pelanggan membutuhkannya.

 

Kemudahan pengambilan keputusan 

Dengan manajemen inventaris yang solid, Anda tahu apa yang tersedia dan memesan hanya berdasarkan jumlah inventaris yang diperlukan untuk memenuhi permintaan. Adanya akses instan terhadap data-data penting inventaris seperti ketersediaan persediaan, jumlah stok, biaya, akan mempermudah perusahaan mengambil keputusan terkait persediaan barang yang harus dimiliki dan besarnya biaya yang harus dibayarkan. Ini juga memungkinkan Anda menjadi selangkah lebih maju dalam permainan bisnis dan selalu miliki jumlah material yang tepat dengan membuat keputusan berdasarkan tren inventaris.

 

Siklog berfungsi untuk melakukan pengaturan persediaan barang, dan berkaitan dengan aktivitas serta informasi logistik sebuah perusahaan. Informasi yang terdapat pada Siklog dapat berupa bahan mentah yang dibeli dan diubah menjadi sesuatu yang sama sekali baru. 

 

Selain itu juga bisa berupa material massal yang diuraikan menjadi bagian-bagian penyusunnya. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu melakukan pengecekan stok terlalu sering dan tidak ada kelebihan persediaan yang ada di gudang. Coba aplikasi Siklog dan konsultasikan kebutuhan Anda lebih lanjut bersama kami di sini.