9 Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu Berganti ke Sistem ERP Cloud

Tuesday, 14 February 2023

Cloud computing dan software-as-a-service (SaaS) dengan cepat menjadi teknologi yang matang, dan dengan tingkat kematangan itu muncul kemampuan untuk menjadi aplikasi yang paling berkembang. Perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satunya, dan solusi ERP berbasis cloud sekarang menawarkan berbagai kemungkinan dan keuntungan yang luar biasa untuk bisnis skala besar dan kecil.

 

Banyak manfaat dari software ERP berbasis cloud yang bisa dielaborasi pada rantai pasokan dan proses manufaktur. Banyak bisnis telah menerapkan solusi ERP berbasis cloud dan melihat hasil yang mengesankan. Berikut adalah 9 alasan mengapa perusahaan perlu beralih ke sistem ERP cloud

  1. Sistem cloud biasanya membutuhkan modal awal yang lebih sedikit

Sistem ERP on premise memiliki reputasi dalam hal pembengkakan biaya dan implementasi yang sulit — misalnya contoh penerapan ERP awal tahun 2000-an pada Nestle. Namun, bisnis dan vendor ERP belajar dari kesalahan langkah ini, dan generasi baru sistem ERP berbasis cloud menggunakan model SaaS untuk menyediakan perangkat lunak yang menghindari banyak jebakan keuangan yang sering terjadi.

Pendekatan ini memiliki banyak keuntungan finansial karena mengubah sistem ERP dari biaya modal menjadi biaya operasi yang berkelanjutan, sehingga mencegah kebutuhan modal skala besar di awal. Investasi perangkat keras dan infrastruktur, biaya tenaga kerja untuk memasang perangkat keras dan sistem, serta biaya pelatihan, semuanya dapat sangat dikurangi bagi perusahaan yang menggunakan sistem SaaS ERP. 

Berkat kualitas penghematan biaya ini, total pengeluaran di muka yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem cloud ERP seringkali jauh lebih rendah daripada biaya yang dikeluarkan bisnis untuk menerapkan sistem di tempat. Pengurangan biaya investasi awal ini dapat menjadi penyelamat bagi usaha kecil yang perlu berkembang dengan cepat tetapi belum memiliki modal untuk berinvestasi di ruang server dan infrastruktur perangkat keras mereka sendiri.

  1. Sistem cloud dapat merampingkan strategi penerapan dan menghindari jebakan implementasi ERP

Kesalahan penerapan ERP high profile tersebut sering terjadi selama tahap implementasi karena kesulitan dalam mengoordinasikan dan merencanakan peluncuran lintas sistem dan departemen. Penerapan ERP on-premise sering kali merupakan tugas yang panjang dan melelahkan yang membuat setiap departemen berjuang dengan masalahnya sendiri, sementara departemen IT berjuang keras untuk mengikutinya. Biaya menumpuk, kesulitan implementasi mengakibatkan penghentian atau perlambatan produksi dan penghentian inovasi.

Perangkat lunak cloud ERP dirancang untuk mengatasi masalah ini secara langsung. Sistem ini ditujukan secara khusus untuk menciptakan solusi yang lebih responsif, lebih mudah beradaptasi, dan lebih mudah diimplementasikan. Penerapan ERP on-premise sering kali memakan waktu panjang hingga 12 bulan, sementara penerapan ERP cloud biasanya hanya membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan. Keuntungan ini adalah keuntungan penting lainnya untuk bisnis skala kecil, yang sering kali tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk penerapan ERP on-premise yang efisien — dan, seperti yang disadari sebagian besar bisnis, bahkan memiliki sumber daya yang tepat tidak akan selalu menyelamatkan perangkat lunak yang tidak user friendly.

  1. Sistem cloud ERP memberikan peningkatan visibilitas dan peluang kolaborasi di seluruh level dan departemen

Menyediakan suatu alat untuk meningkatkan kerja sama antar departemen pada bisnis adalah fitur standar ERP cloud, dengan cara membuatnya jauh lebih sederhana dan lebih cepat daripada sistem sebelumnya. Cloud ERP mendorong transparansi, kerja sama, dan akuntabilitas di seluruh organisasi dengan menyediakan alat manajemen proyek yang menyederhanakan strategi kolaborasi dan komunikasi. 

Fitur-fitur ERP berbasis cloud ini membantu menjadikannya bukan hanya peningkatan fungsional, tetapi peningkatan kapasitas sejati yang sangat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk merespons tantangan dengan cepat dan tegas.

  1. Sistem cloud ERP adalah tempat yang lebih aman untuk data perusahaan

Keamanan menjadi perhatian utama pada aplikasi ERP berbasis cloud, dan itu adalah salah satu alasan terbesar bahwa beberapa bisnis masih menggunakan sistem ERP lokal yang lama. Ada persepsi yang tersebar luas bahwa cloud tidak dapat memberikan stabilitas atau keamanan seperti sistem ERP lokal—tetapi ini adalah pandangan yang semakin tidak akurat.

  1. Pembaruan adalah proses yang jauh lebih cepat dan mudah dalam perangkat lunak berbasis cloud

Proses pembaruan adalah area lain di mana sistem cloud ERP menawarkan peningkatan besar dibandingkan ERP lokal (on premise). Semua perangkat lunak ERP memerlukan pembaruan berkala untuk memperbaiki kerentanan keamanan, meningkatkan kinerja, dan banyak lagi. Dalam sistem ERP on-premise, ini bisa menjadi proses yang panjang dan sulit yang menghabiskan sumber daya tenaga kerja IT yang signifikan dan dapat melibatkan gangguan produksi. Yang paling bermasalah dari semuanya adalah pembaruan yang tidak diterapkan secara lengkap, di mana berbagai pengguna dan departemen berakhir dengan versi perangkat lunak yang berbeda setelah pembaruan.

Dalam sistem SaaS ERP berbasis cloud, pembaruan perangkat lunak disebarkan dari server cloud pabrikan atau vendor, menghilangkan beban pembaruan sistem secara terus-menerus dari departemen IT yang terlalu banyak bekerja. Patch keamanan, pembaruan perangkat lunak, modul baru, dan lainnya sebagian besar diinstal secara otomatis. Inkonsistensi versi lebih jarang terjadi dan lebih mudah untuk diatasi, karena tim penyedia layanan biasanya memiliki kemampuan untuk mengakses dan memperbarui akun pengguna mana pun dari jarak jauh.

  1. Bisnis dapat berkembang lebih cepat dan lebih lancar dengan perangkat lunak ERP cloud

Sistem ERP yang baik dibangun agar dapat diskalakan. Hampir semua perangkat lunak ERP berbasis cloud menawarkan opsi skalabilitas yang sempurna untuk bisnis yang sedang berkembang, seperti menambahkan lebih banyak pengguna dan lisensi saat bisnis mempekerjakan lebih banyak karyawan, menyediakan lebih banyak penyimpanan, dan menambahkan kemampuan untuk pabrik baru dan proses manufaktur. 

Studi kasus sering menunjukkan bahwa mengadopsi sistem ERP berbasis cloud dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menskalakan dengan cepat dan menerima karyawan dan mitra baru. Sementara penskalaan sistem ERP apa pun pasti menghadirkan tantangan, cloud ERP telah membuktikan bahwa prinsip operasinya sangat cocok untuk memenuhinya.

  1. Sistem cloud ERP membantu membuka kekuatan perangkat seluler

Perangkat seluler telah lama menjadi alat bisnis yang penting, tetapi ERP berbasis cloud meningkatkan kekuatan mereka dan memungkinkan akses dan kontrol yang canggih melalui perangkat seluler yang mendukung ERP. Salah satu fitur cloud ERP yang membuatnya sempurna untuk sistem seluler adalah kemampuannya untuk menawarkan akses terpusat ke data dari seluruh organisasi, tetapi dengan cara terdesentralisasi yang menghilangkan hambatan tradisional terhadap efisiensi.

  1. Bermigrasi ke cloud dapat mengurangi jejak karbon bisnis secara serius

Banyak bisnis tidak berhenti memikirkan jumlah energi yang dikonsumsi oleh ruang server lokal (ERP on-premise) — tetapi memang jumlahnya sangat besar. Pusat data di AS sendiri mengkonsumsi daya yang hampir sama dengan 6,4 juta rumah pada tahun 2016 dan menyumbang dua persen dari total konsumsi energi negara itu.

Tentu saja, penghematan energi juga cukup baik untuk keuntungan, dan mereka mewakili keuntungan potensial lain dari menyerahkan pemeliharaan server dan biaya daya ke penyedia solusi perangkat lunak. Banyak sistem cloud ERP di-host pada server multitenant, yang menggabungkan banyak klien berbeda ke server yang dirancang untuk mengelola ruang penyimpanan dan bandwidth secara efisien. Jadi, meskipun satu bisnis beralih dari ERP lokal ke cloud mungkin tampak seperti setetes air di lautan, itu sebenarnya masalah besar dengan begitu banyak bisnis yang bergerak ke arah yang sama.

  1. Sistem ERP berbasis cloud menawarkan solusi agar sesuai dengan bisnis di tingkat mana pun dan di industri apa pun

Dengan semakin banyaknya pilihan ERP berbasis cloud di pasar, semakin mudah bagi bisnis untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari beberapa pilihan yang tersedia untuk sistem ERP berbasis cloud, ada produk software dalam negeri yang kualitasnya bersaing. 

 

FORCA ERP, software ini merupakan ERP berbasis cloud yang mampu mengintegrasikan sistem pada beberapa lokasi serta menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis. Berbeda dengan ERP buatan luar negeri, FORCA ERP memiliki dan mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan info lebih lanjut mengenai FORCA ERP, dapat menghubungi kami di sini.