Dampak Penerapan Shared Services dalam Aktivitas Bisnis

Tuesday, 14 February 2023

Menurut majalah bisnis Fortune, 500 perusahaan terbesar sudah mulai menggunakan model shared services untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan proses operasional bisnis untuk anak perusahaan dalam grup mereka. 

Perusahaan besar seperti British Petroleum, Ford, General Electric, dan perusahaan besar lainya sudah menerapkan shared services untuk proses penunjang operasional bisnis mereka dengan tujuan meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran. 

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Shared Services and Outsourcing Network (SSON) menunjukan bahwa 30 persen dari 500 perusahaan terbesar dunia tersebut mampu menghemat 20 persen dari anggaran untuk proses bisnis mereka dengan menerapkan model shared services. Beberapa perusahaan bahkan bisa menghemat lebih dari 20 persen.

Penerapan model shared services dalam pelaksanaan proses penunjang aktivitas bisnis sebuah perusahaan dianggap dapat menjadi solusi untuk menekan biaya operasional.

 

Dampak dari penerapan shared services yang membantu menghemat biaya operasional di antaranya:

  1. Penyederhanaan proses operasional bisnis

Dengan penerapan shared services, maka proses berulang dalam sebuah perusahaan akan berkurang dengan signifikan. Hal tersebut akan membantu sebuah perusahaan untuk melakukan proses penunjang bisnis dengan lebih cepat dan efektif. Perusahaan juga bisa menghemat biaya operasional untuk sumber daya manusia yang berkurang dengan adanya penyederhanaan proses operasional. 

  1. Pemusatan proses operasional

Dengan melakukan pemusatan kegiatan operasional bisnis pada shared services center maka akan memudahkan dalam hal kontrol kinerja. Perusahaan pengguna shared service juga akan mendapat jaminan kualitas layanan dari pihak penyedia layanan, yang mereka setujui dalam service level agreements (SLAs). Selain itu perusahaan yang memanfaatkan shared services juga akan mendapatkan keuntungan dalam hal penghematan lokasi dan perangkat penunjang operasional, karena hal tersebut akan disediakan oleh penyedia layanan.

  1. Meningkatnya keakuratan data

Standarisasi sistem pada model shared services (perangkat keras maupun perangkat lunak) akan berimbas pada peningkatan akurasi data yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Dengan data yang akurat maka perusahaan akan dimudahkan dalam hal pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dari output bisnis mereka.

  1. Digital solution

Shared service juga memberikan keuntungan khususnya dalam pemanfaatan teknologi terkini untuk menunjang proses berulang yang bisa dilakukan secara otomatis. Sebagai contoh, penggunaan Robotic Process Automation yang dapat melakukan proses validasi, proses penagihan, posting data pada sistem dan proses back office lainnya secara otomatis yang secara efektif dapat membantu manusia lebih fokus pada proses yang membutuhkan analisis strategis.

 

Demikian penjelasan dampak dari penggunaan model shared service yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang dapat membantu meningkatkan efisiensi proses dan juga