Bagaimana Software ERM Bisa Meningkatkan Produktivitas Proses Bisnis?

Monday, 14 November 2022

Sudah ada banyak ahli yang meneliti dan mengembangkan berbagai metode yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola risikonya. Sejalan dengan berbagai teori dan metode yang dikembangkan, salah satu pendekatan terkini adalah berbagai rancangan kerangka (framework) manajemen risiko organisasi atau yang dikenal dengan nama Enterprise Risk Management (ERM).

Oleh sebab itu, di tengah ketidakpastian dalam dunia bisnis, Enterprise Risk Management hadir untuk membantu perusahaan agar tetap bertahan di tengah ketidakpastian ini. Hal ini menjadikan perangkat lunak manajemen risiko sebagai alat penting yang dapat membantu bisnis Anda menavigasi berbagai risiko dan pada akhirnya mendukung strategi pertumbuhannya.

Namun, sebelum membahas bagaimana perangkat lunak manajemen risiko dapat mendukung strategi manajemen risiko bisnis Anda, mari telusuri mengapa bisnis memerlukan strategi untuk mengelola risiko sejak awal.

Bisnis memerlukan rencana dan proses yang akan mengidentifikasi potensi risiko, menyediakan kerangka kerja untuk menilai dan memantau pelanggaran, dan memastikan pengambilan keputusan yang baik dalam menanggapi risiko. Strategi manajemen risiko akan membantu bisnis Anda dalam beberapa sebagai berikut:

  1. Mencegah potensi risiko menjadi ancaman nyata bagi perusahaan Anda;
  2. Mengembangkan strategi untuk melawan berbagai ancaman risiko;
  3. Tahu kapan harus mengambil risiko yang telah dianalisis atau tahu cara merespons sebuah risiko;
  4. Meningkatkan ketepatan dan keakuratan dalam pengambilan keputusan terkait risiko perusahaan;
  5. Memberikan kepercayaan kepada tim lintas departemen dalam pengelolaan risiko.

 

Kenapa Butuh Software ERM untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

Pada 1990-an perusahaan penerbitan buku dan penjual buku hampir tidak memperkirakan atau mempertimbangkan risiko yang bakal terjadi pada 1994. Saat itu sebuah toko buku online kecil bernama Amazon muncul. Mereka tentu tidak membayangkan bahwa toko kecil ini bisa tumbuh dan mengancam perusahaan dan keberadaan mereka.

Bagaimana ini relevan dengan manajemen risiko? Karena memiliki strategi yang bertujuan untuk melihat risiko yang akan datang, bahkan sebelum menjadi masalah, akan membantu manajemen mengambil tindakan untuk mencegah risiko menjadi bahaya.

Baru-baru ini, saat pandemi COVID-19 mengejutkan dunia, perusahaan-perusahaan yang proaktif dalam pengelolaan risiko dapat dengan cepat berputar dalam menanggapi situasi dengan melakukan beberapa penyesuaian. Mereka pun dapat bertahan dari hantaman pandemi. Sementara perusahaan yang tak menyiapkan proses pengelolaan risiko tentunya akan menghadapi hantaman yang keras saat pandemi COVID-19 merebak di seluruh dunia.

Oleh sebab itu, perkuat manajemen risiko Anda dengan software atau sistem yang mendukung proses pengelolaan risiko perusahaan Anda. Bagaimana solusi manajemen risiko dapat membantu bisnis Anda? Software manajemen risiko perusahaan memudahkan bisnis untuk mengidentifikasi dan memperhitungkan risiko, membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat. Berikut penjelasan bagaimana software Enterprise Risk Management mendukung bisnis Anda:

  1. Penilaian risiko standar

Ketika Anda memiliki banyak orang yang melakukan penilaian risiko, mereka mungkin tidak selalu melakukannya dengan cara yang sama. Namun, software ERM menyediakan template untuk penilaian risiko, sehingga perusahaan Anda dapat memutuskan salah satunya dan mematuhinya.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan tim Anda menyertakan semua informasi yang relevan dalam penilaian, dan akan lebih mudah untuk melihat di mana letak risikonya. Melakukan penilaian yang sama juga dapat membantu menstandarisasi analisis risiko dan proses manajemen risiko secara keseluruhan.

  1. Koordinasi kepatuhan yang lebih baik

Potensi risiko bisa sangat menakutkan bagi perusahaan, tetapi cara terbaik untuk mempersiapkannya adalah dengan berkomunikasi secara efektif. Compliance manager dapat menggunakan software ERM untuk menguraikan potensi risiko pada suatu proyek, membuat rencana tindak lanjut, dan menetapkan tugas bagi setiap orang untuk menghindari risiko.

Dengan cara ini, semua orang tahu apa yang menjadi tanggung jawab mereka, dan mereka dapat bekerja sama untuk menemukan dan menghentikan risiko yang muncul dengan cepat, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan.

  1. Keberlangsungan bisnis

Sebagian besar platform ERM menawarkan manajemen berkesinambungan dalam bisnis yang membantu manajer risiko menguraikan indikator risiko utama dan bagaimana masing-masing harus ditangani. Analisis risiko memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang eksposur risiko bisnis, yang memungkinkan pemilik risiko untuk mengambil tindakan.

Selain itu, perusahaan dapat mencatat setiap aktivitas mitigasi risiko ke dalam software ERM, menyediakan tata kelola perusahaan dan jejak audit yang jelas. Dengan mencatat risiko, bisnis juga dapat bertindak lebih cepat saat berikutnya mereka menghadapi risiko serupa.

Perangkat lunak manajemen risiko memiliki banyak aplikasi berbeda, tergantung pada industri dan fungsi pekerjaan Anda. Factually Integrated Risk Management System adalah salah satu aplikasi manajemen risiko.

Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait aplikasi Factually Integrated Risk Management System, silakan klik di sini.