Efisien dan Efektif, Teknologi dalam Bisnis Bantu Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Friday, 8 September 2023

Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan menjadi suatu peralatan atau keterampilan yang dapat mempermudah urusan manusia. Hal ini berlaku pada bidang apa pun, termasuk dalam bidang bisnis. 

Kehadiran teknologi dalam bisnis diyakini mampu menekan pengeluaran materiel sehingga dapat mendukung proses bisnis perusahaan secara pesat. Mengadopsi teknologi ke dalam proses bisnis juga memungkinkan perusahaan dan karyawannya bekerja secara lebih efisien dan efektif. 

Teknologi yang paling banyak digunakan dalam dunia bisnis adalah sistem informasi, yaitu kombinasi penggunaan teknologi komputer dari pekerjaan manusia untuk mendukung, mempermudah, dan mempercepat urusan bisnis serta manajemen. Dengan teknologi ini, perusahaan dapat menganalisis proses bisnis dengan cepat dan menyusun kegiatan kerja yang terorganisir.

 

Berikut beberapa teknologi dalam sistem informasi yang banyak digunakan perusahaan saat ini: 

  1. Teknologi ERP

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah software yang memiliki kemampuan untuk mengotimatisasi dan mengintegrasikan segala proses bisnis utama berdasarkan data acuan. ERP membantu mengatasi hambatan fungsional dalam operasional bisnis perusahaan. 

FORCA ERP, sebuah ERP yang dirancang berdasarkan best practice bisnis, dapat menjadi pilihan Anda dalam meningkatkan performa bisnis perusahaan dengan empat modul utamanya, yaitu Financial Management, Material Management, Sales Management, Asset Management. 

  1. Teknologi CRM

Customer Relations Management (CRM) adalah software untuk mengelola aktivitas penjualan serta memperoleh informasi tentang perilaku pelanggan. Dengan menggunakan FORCA CRM, dapatkan informasi kegiatan yang terstruktur dan laporan performa penjualan secara up to date untuk penjualan yang meningkat tajam.  

  1. Teknologi PoS

Point of Sales (PoS) adalah aplikasi kasir yang mempermudah pencatatan transaksi jual beli hingga pemantauan stok produk. Aplikasi FORCA PoS milik SISI telah tersedia untuk penggunaan web dan mobile, membuat Anda lebih mudah mengakses dan mengelola informasi transaksi kapan pun dan di mana pun.   

  1. E-procurement

Electronic procurement atau e-procurement adalah proses pengadaan barang atau jasa secara elektronik yang dilakukan secara online. Dengan teknologi ini, pemasok, produsen, dan pembeli dapat bertransaksi secara lebih efisien. Procsi, solusi e-procurement milik SISI, adalah pilihan yang tepat untuk melakukan pengadaan secara digital, interaktif, dan terintegrasi pada bisnis Anda.   

  1. Service Desk

Service Desk adalah teknologi informasi yang memusatkan komunikasi antara perusahaan, karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis perusahaan. Service Desk menintegrasikan proses bisnis ke dalam infrastruktur manajemen. 

 

Selain menghemat waktu dan biaya serta meningkatkan produktivitas, informasi yang disimpan oleh beberapa teknologi di atas dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi bisnis ke depannya. Selain itu, penggunaan teknologi juga membuat perusahaan dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan hal-hal lain yang bisa menunjang kemajuan perusahaan. 

Tertarik menggunakan aplikasi dan layanan SISI dalam proses bisnis Anda? Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap.