Menjawab Kebutuhan Logistik Bisnis Anda dengan Aplikasi EPOOOL

Monday, 11 September 2023

Dalam kegiatan bisnis, pastinya terdapat produk atau alat yang disimpan, dipelihara, ataupun disalurkan. Penyimpanan dan penyaluran produk itu merupakan aktivitas rutin yang dapat menjaga keberlangsungan bisnis. 

Untuk mengoptimalkan aktivitas tersebut, setiap bisnis atau perusahaan harus memahami esensi logistik. Menurut Donald Walters, logistik adalah peran atau fungsi yang terlibat pada perpindahan sebuah produk, serta penyimpanan material di perjalanannya sejak pengirim awal, menuju rantai pasok, hingga akhirnya ke tujuan akhir, yaitu pelanggan.

 

Seluruh kegiatan logistik dilakukan guna menjamin ketersediaannya sebuah produk atau barang secara tepat waktu dan sampai pada lokasi atau tempat yang tepat. Adapun manfaat dari logistik adalah:

  1. Pemenuhan Kebutuhan

Proses bisnis akan berjalan dengan lebih cepat jika tidak ada kemacetan pada ketersediaan sebuah barang. Logistik menjadi solusi dalam sistem pengiriman barang untuk memenuhi kebutuhan. Logistik memiliki jadwal serta pengaturan yang tepat waktu, konsisten, dan efisien untuk pengiriman barang yang masuk ke dalam kebutuhan pokok.

  1. Efisiensi Distribusi

Jika dahulu pengiriman barang hanya sekali jalan, saat ini logistik sudah memperkenalkan sistem estafet yang efisien. Proses distribusi terbagi dalam beberapa tahapan dan menggunakan berbagai sarana transportasi sehingga lebih efektif.

  1. Manajemen Keuangan

Manfaat dari logistik yang bisa dirasakan lainnya adalah memperkecil anggaran yang dikeluarkan untuk pengiriman barang. Dengan manajemen logistik yang baik, pengiriman barang jumlah besar dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau.

 

Untuk memudahkan manajemen perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan proses perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain, peran teknologi sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sekarang ini, ada beberapa aplikasi yang dipakai di dunia logistik. Salah satunya adalah EPOOOL, aplikasi keluaran SISI untuk sistem manajemen transportasi yang akan memudahkan Anda dalam mengelola logistik perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Ada beberapa fitur utama EPOOOL yang wajib dirasakan kecanggihannya oleh perusahaan Anda:

  1. Order Management

Membantu Anda untuk melakukan matching antara order yang ada dengan armada yang tersedia dengan memperhitungkan tipe, kapasitas, dan ketersediaan armada.

  1. Fleet Management

Memungkinkan Anda untuk memonitor armada Anda secara terkini, dilengkapi dengan informasi mengenai status armada, KPI driver, optimasi rute, dan pemeliharaan armada. 

  1. Proof of Delivery

Proof of Delivery digunakan untuk mengoptimalisasi proses bisnis dengan otomasi surat perintah jalan (SPJ) dan meminimalisir penyalahgunaan order. 

Logistik merupakan hal vital yang harus dipahami dan diperhatikan oleh semua bisnis. Dengan menggunakan EPOOOL, kegiatan operasional bisnis akan terjamin kelancarannya sehingga tidak akan sampai terganggu dan berisiko menurunkan penjualan. Bersiaplah untuk menjemput masa depan yang lebih cerah dalam dunia logistik. Hubungi kami untuk detail dan kebutuhan bisnis anda lebih lanjut.