Tumbuhkan Produktivitas Karyawan dengan Safeins, Terobosan dalam Keselamatan Kerja

Monday, 4 September 2023

Setiap perusahaan pasti memimpikan sumber daya manusia (SDM) yang produktif dan efisien, sebagaimana SDM merupakan komponen penting terwujudnya visi misi perusahaan. Saat ini, berbagai upaya kerap dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan produktivitas kerja, salah satunya memberi perhatian penuh dalam keselamatan kerja karyawan.

Perlindungan terhadap keselamatan kerja adalah upaya menciptakan lingkungan yang aman sebagai tempat kerja bagi perusahaan, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja atau penyakit akibat kelalaian. Risiko kecelakaan serta penyakit akibat kerja sering terjadi karena program K3 ini tidak berjalan dengan baik. 

Hasil penelitian pada tahun 2013 menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki tingkat kesehatan fisik, mental dan sosial yang tinggi akibat program K3 yang baik akan dapat bekerja dengan pengerahan tenaga yang optimal sehingga kinerja tinggi bisa tercapai. 

Untuk mendukung optimalisasi program K3, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) saat ini juga telah menyediakan solusi digital berupa aplikasi yang bernama Safeins. Safeins merupakan aplikasi untuk mendukung implementasi standar K3 di lingkungan kerja sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah untuk menjaga keberlanjutan perusahaan serta menciptakan zero accident. 

 

Dengan Safeins, Anda dapat memperoleh kemudahan untuk mengelola keselamatan dan kesehatan kerja melalui beberapa modul:

  1. Unsafe Action & Condition

Mencatat, memantau, dan menganalisis berbagai data penting terkait bahaya yang ditimbulkan akibat kesalahan manusia dan situasi tempat kerja. 

  1. Visible Safety Leadership

Mendorong peran kepemimpinan untuk berkreasi lewat K3 melalui observasi lapangan dan kebiasaan-kebiasaan di tempat kerja. 

  1. Incident

Memberikan laporan kecelakaan yang terjadi berikut dengan kategorinya dan integrasi dengan data-data penting lainnya.

  1. Knowledge Repository

Mengarsip setiap dokumentasi terkait peringatan keselamatan, prosedur aman kerja, dan laporan-laporan lainnya.

  1. Inspection Fire Equipment

Manajemen peralatan kebakaran untuk perlindungan sementara menjalankan aktivitas kerja. 

  1. Sustainability Monitoring

Pemantauan untuk pencapaian target keberlanjutan sesuai dengan SDGs (Sustainable Development Goals).

  1. Dashboard Report

Mengelola data pada sistem menjadi informasi yang penting untuk disajikan ke dalam grafik atau bagan. 

 

Ketujuh modul utama tersebut dapat membantu perusahaan Anda untuk mengakses informasi kesehatan dan keselamatan antar bagian secara cepat, menganalisis dan mitigasi risiko yang lebih terstruktur, serta mengambil keputusan yang lebih akurat dan mudah diakses sepanjang didukung data dan penilaian yang lengkap dan tepat. 

Perusahaan dapat terus melakukan peningkatan kinerja K3 dan lingkungan secara optimal melalui penerapan industri 4.0 dengan melakukan digitalisasi diberbagai lini. Dengan Safeins, perusahaan dapat menyiapkan strategi andal untuk memperkuat perusahaan dalam menghadapi tantangan di masa mendatang.