Ekspansi Bisnis: Pahami Manfaat dan Risikonya

Friday, 20 October 2023

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan memiliki berbagai jenis strategi yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerjanya. Salah satu strategi yang banyak dipilih oleh sebagian besar perusahaan yakni, ekspansi bisnis. 

Ekspansi bisnis merupakan suatu kegiatan yang perusahaan lakukan dengan tujuan meningkatkan profit. Biasanya aktivitas ekspansi bisnis dalam sebuah perusahaan berjalan setidaknya empat sampai lima tahun, namun ada beberapa yang tercapai hanya dalam hitungan bulan tergantung strategi masing-masing.

Dalam penerapannya, ekspansi bisnis tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena perusahaan harus menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Ekspansi bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui peningkatan ekonomi, memperbesar fasilitas, membuat pasar baru, dan sebagai perkembangan dari usaha tersebut. Secara umum ekspansi usaha memiliki dua kategori yakni;

  1. Ekspansi bisnis internal

Ekspansi bisnis internal merupakan sebuah perluasan usaha di mana perusahaan hanya mengandalkan sumber daya dan kemampuan internal perusahaan. Sebagai contoh perusahaan meningkatkan kapasitas produksi, menawarkan produk yang sudah ada dengan varian baru ke pasar, mengoptimalkan penggunaan iklan untuk meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya.

  1. Ekspansi bisnis eksternal

Sesuai dengan namanya pada ekspansi jenis ini perusahaan membutuhkan pihak eksternal sebagai pendukung kegiatan ekspansi bisnis. Sebuah perusahaan akan menggabungkan sumber daya yang sudah ada dengan kapabilitas internal maupun eksternal. 

 

Tentunya tidak semua jenis ekspansi bisnis sesuai dengan kondisi dan situasi perusahaan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan jika diterapkan. Adapun manfaat dari melakukan ekspansi bisnis di antaranya;

 

Meningkatkan Pendapatan dan Keuntungan

Tujuan utama dalam melakukan ekspansi bisnis adalah meningkatkan profit perusahaan. Salah satunya contohnya seperti meningkatkan kapasitasi produksi. Sehingga Anda dapat menjual lebih banyak produk dan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya.

Memperluas Pangsa Pasar

Dengan melakukan ekspansi bisnis perusahaan dapat terlibat dalam kolaborasi dengan entitas bisnis lain dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kolaborasi ini perusahaan dapat memasuki pasar dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan jaringan-jaringan kolaborator.

Meningkatkan Efisiensi Operasi

Tanpa disadari, melakukan ekspansi bisnis dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional usahanya. Hal ini terjadi karena dengan melakukan ekspansi bisnis, perusahaan akan memiliki lebih banyak rantai pasokan, cabang, ataupun lainnya yang lebih besar sehingga akan mempercepat operasional bisnis.

Diversifikasi Risiko

Memasuki pasar baru menjadi bentuk perlindungan bisnis jika salah satu bagian dari bisnis Anda terkena dampak perubahan pasar. Rasa khawatir dapat dikendalikan karena dapat mengandalkan aliran pendapatan dari cabang lainnya.

 

Secara umum memang ekspansi bisnis memiliki banyak sekali potensi keuntungan. Namun bukan tidak mungkin, melakukan ekspansi bisnis juga memiliki risiko yang tidak dapat kita hindarkan. Beberapa risiko melakukan ekspansi bisnis di antaranya:

  • Perusahaan dapat mengalami kerugian finansial apabila perkembangan usahanya tidak berjalan semestinya
  • Management perusahaan bisa jadi tidak efektif karena memiliki fokus pekerjaan yang lebih banyak akibat adanya ekspansi.
  • Ekspansi akan menciptakan beban kerja dan tanggung jawab yang lebih, sehingga ini akan dapat berdampak pada penurunan produktivitas karyawan.
  • Apabila keuntungan semakin banyak, tentu pajak yang dimiliki oleh perusahaan semakin besar dan ini menumbulkan berbagai konsekuensi biaya yang lain.

 

Melakukan ekspansi bisnis berarti menjangkau lebih banyak lagi kemungkinan yang terjadi dalam perusahaan. Pastikan Anda menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh target dengan skala besar. Apalagi di era kemajuan teknologi yang ada saat ini, konsumen dengan begitu terbukanya mendapat informasi soal produk atau jasa yang ditawarkan. Banyak cara untuk dapat melakukan ekspansi bisnis, salah satunya dengan melakukan langkah-langkah transformasi digital.