Era Baru Pengelolaan SDM: Menggenggam Potensi Terbaik Karyawan melalui Implementasi HRIS

Monday, 28 August 2023

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat secara tidak langsung memberi banyak perubahan yang signifikan di dalam kehidupan, terutama dalam dunia bisnis. Mulai dari manajemen tim internal hingga cara perusahaan untuk memproduksi dan mempromosikan produk dan layanan mereka, bisnis telah mengalami perubahan luar biasa di semua tingkatan, dan itu semua karena teknologi. 

Perkembangan teknologi selalu menawarkan kemudahan dalam berbagai bidang, utamanya pada bidang sumber daya manusia (SDM). Teknologi pada bidang SDM mempermudah pencapaian potensi penuh dari karyawan dengan program pelatihan dan pengembangan yang diatur secara digital, meningkatkan keterlibatan karyawan dari sistem yang dikelola secara terpusat, dan juga mengotomatisasikan proses rekrutmen sehingga mampu menyampaikan pesan kebutuhan karyawan baru secara lebih efektif, yakni menjangkau segmen masyarakat tertentu sebagai calon karyawan.

Salah satu penggunaan teknologi di bidang SDM yang populer adalah implementasi HRIS (Human Resource Information System). HRIS adalah tools untuk menginput semua data yang berhubungan dengan pekerjaan HR. Tools ini mampu menyimpan data serta memberi fasilitas pelacakan dan analisis data-data karyawan.

 

Berikut adalah keuntungan dari penggunaan HRIS:

  1. Menyokong pengembangan SDM yang berkualitas

Dengan HRIS, perusahaan dapat mencatat dan melacak data pendidikan, pengalaman kerja, dan kompetensi karyawan secara terpusat. Hal ini memungkinkan manajemen untuk memahami potensi dan keahlian masing-masing karyawan dengan lebih baik. 

Dengan informasi ini, perusahaan dapat merancang program pelatihan dan pengembangan yang sesuai untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan membantu mereka mencapai performa optimal.

  1. Interaksi dan integrasi digital pada karyawan didalamnya

HRIS memungkinkan interaksi dan integrasi digital yang lebih baik pada karyawan. Platform HRIS modern biasanya dilengkapi dengan portal karyawan, di mana karyawan dapat mengakses informasi pribadi, absensi, hingga rencana kerja dengan mandiri. 

Selain itu, HRIS juga dapat menyediakan saluran komunikasi internal yang efisien, memungkinkan karyawan berkomunikasi dengan manajemen atau departemen HR mengenai berbagai hal, seperti permintaan cuti, pengajuan lembur, atau hal lainnya. Dengan demikian, HRIS meningkatkan keterlibatan karyawan dan memudahkan komunikasi di dalamnya. 

  1. Mengelola produktivitas karyawan dengan baik

Dengan sistem HRIS, perusahaan dapat memonitor performa karyawan dan perkembangannya terhadap pemenuhan target secara digital. HRIS juga memberikan fitur pelatihan dan pengembangan yang akan mencatat kemajuan karyawan dan menggunakan metrik kinerja untuk memeriksa dampak pelatihan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat memantau produktivitas karyawan secara lebih efektif.

  1. Melakukan inovasi berkelanjutan dan pertumbuhan SDM

Penerapan HRIS dapat mendorong perusahaan untuk melakukan inovasi berkelanjutan dalam manajemen SDM. Sistem HRIS seringkali dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain, seperti sistem manajemen talenta atau sistem manajemen kinerja. 

Integrasi ini memungkinkan manajemen untuk memanfaatkan data yang terpusat untuk mengidentifikasi bakat internal, mengenali celah kompetensi, dan merancang strategi pengembangan SDM yang lebih efektif. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan potensi karyawan dan mempersiapkan organisasi untuk pertumbuhan jangka panjang.

 

Dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital ini, implementasi HRIS bukanlah pilihan, tetapi suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin meraih keunggulan. Untuk kebutuhan aplikasi pengelolaan SDM dan kebutuhan bisnis Anda lainnya, hubungi kami di sini!