FORCA ERP: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, dan Modulnya dalam Perusahaan

Tuesday, 11 October 2022

FORCA ERP adalah solusi ERP yang dikembangkan oleh PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI). FORCA ERP hadir untuk memberi solusi sistem ERP yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem informasi manajemen utama suatu perusahaan. ERP tidak hanya digunakan untuk internal perusahaan, tetapi juga digunakan untuk laporan pertanggung jawaban kepada pemegang saham, kantor pajak, dan stakeholder eksternal lainnya.

Sedangkan FORCA berasal dari kata InFORmaton CApital. Nama itu digunakan sebagai harapan agar FORCA menjadi platform Information Capital perusahaan, yang dapat mengintegrasikan proses bisnis dan menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menjalankan bisnis.

 

Manfaat FORCA ERP

FORCA ERP menjadi solusi untuk mengatasi ragam masalah dalam menjalani bisnis Anda. Misalnya, kesulitan mengelola operasional bisnis yang berujung pada operasional yang melambat sehingga mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efektif.

Masalah penginputan data yang masih dilakukan secara manual sehingga terlalu banyak waktu kerja karyawan yang terbuang. Atau, pelaporan keuangan yang lambat dan sulitnya kontrol aset sehingga terdapat kesalahan dalam pelaporan keuangan perusahaan.

Masalah kesulitan mengatur anggaran, memantau proses kerja, laba-rugi dan peralatan yang digunakan dalam proyek. Masalah pengelolaan penjualan dan pelanggan serta kesulitan memperoleh informasi proses produksi dan biaya riil yang digunakan.

Beberapa masalah di atas, dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi FORCA ERP. Aplikasi ini dapat mencatat, merekap dan mengelola data sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

FORCE ERP mendukung perusahaan berskala middle hingga enterprise di Indonesia dalam meningkatkan performa bisnis dan agar dapat bersaing pada pasar Indonesia dan mancanegara.

Berdasarkan data Talenta, lebih dari 80 persen perusahaan menggunakan sistem ERP sebagai dasar untuk merencanakan kebutuhan perusahaan. Sedangkan Fresatechnologie mencatat, perusahaan dapat memenuhi pesanan 30 persen lebih banyak dengan sumber daya yang sama usai menggunakan ERP.

 

Cara Kerja FORCA ERP

FORCA ERP hadir mendukung bisnis Anda dengan model SaaS (Software as a Service), yaitu model jasa penyediaan software sistem ERP secara all in, mulai dari penyediaan infrastruktur IT berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah dari mana pun.

Selain itu, FORCA ERP juga bakal memberikan support/helpdesk operasional yang mendampingi dan membantu user selama 24×7 dan juga pengembangan fitur-fitur sehingga selalu up to date.

Untuk dapat menggunakan FORCA ERP, dibutuhkan beberapa ketentuan dalam penggunaan hardware dan software perusahaan. Berikut merupakan kebutuhan minimal untuk user FORCA ERP:

  • Core i3
  • 2 GB of RAM
  • 80 MB of hard disk space
  • Web Browser
  • Dedicated Internet Connection 128 Kbps/User

 

Modul FORCA ERP

FORCA ERP memiliki 4 modul utama yang diklasifikasikan berdasarkan proses bisnis perusahaan. Mulai dari Sales Management, Inventory Management, Financial Management, dan Asset Management.

  • Financial Management

Financial Management mencakup dimensi penetapan biaya dan akuntansi. Dalam sistem konvensional, fungsionalitas ini biasanya muncul dalam modul yang disebut dengan Financial & Controlling, maupun Reporting & General Ledger.

  • Material Management

Material Management adalah proses pemesanan, penyimpanan dan penggunaan persediaan suatu perusahaan seperti bahan baku, komponen dan produk jadi. Dalam FORCA ERP modul Material Management dibagi menjadi dua, yakni Procurement Management dan Inventory Management.

  • Sales Management

Sales Management adalah pengelolaan pada proses penjualan, mengkoordinasikan operasi penjualan, dan menerapkan teknik penjualan yang memungkinkan bisnis untuk secara konsisten memenuhi dan melampaui target penjualan.

  • Asset Management

Modul Asset & Maintenance Management FORCA ERP memiliki fungsi untuk mengelola seluruh aset perusahaan. Dimulai dari pembelian aset, nilai pembelian, depresiasi hingga penghitungan modal serta biaya pengelolaan.

Selain dari empat modul utama tersebut, FORCA ERP juga memiliki modul pendukung yakni Manufacturing Management. Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan.

Modul pendukung kedua yakni Project Management. Dalam sistem Manajemen Proyek merupakan proses yang dapat membantu perusahaan dalam pelacakan status dan perkembangan pekerjaan dari setiap proyek. Pada umumnya terdapat dua aspek dalam pengelolaan proyek yaitu keuangan dan penjadwalan proyek. FORCA ERP akan berfokus pada aspek keuangan yang menyediakan serta menghasilkan pemasukan dalam pencatatan akuntansi.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan software FORCA ERP sebagai solusi bagi proses bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.