Fungsi Utama Shared Services dalam Perusahaan dengan Transaksi Bisnis Tinggi

Wednesday, 1 February 2023

Transformasi proses bisnis dari model konvensional menuju model baru bisa dilakukan dengan cara standarisasi proses, konsolidasi dan sentralisasi layanan dengan penerapan shared services.

Shared services sebagai model baru dalam proses bisnis dianggap dapat menjadi kunci perusahaan dalam meningkatkan efisiensi proses penunjang bisnis. Sebab, menurut studi penerapan shared services mampu menghemat biaya operasional penunjang bisnis 5 hingga 30 persen.

Dengan alasan efisiensi biaya belakangan ini sudah banyak perusahan besar dengan transaksi tingkat tinggi mulai beralih menggunakan shared services karena dinilai bisa menjadi kunci untuk tetap bisa bersaing dengan perusahaan lain di era bisnis 4.0 sekarang ini.

 

Menurut hasil riset PricewaterhouseCoopers (PwC) tentang shared services pada Juli 2016, fungsi utama shared services dalam perusahaan yang mengubah proses bisnis menjadi lebih efektif sebagai berikut:

  1. Standarisasi layanan

Dengan memanfaatkan model shared service, maka penyedia layanan akan menyuplai semua perangkat baik perangkat lunak maupun perangkat keras penunjang proses bisnis perusahaan induk dan semua anak perusahaannya. 

Dalam hal ini, laptop dan software serta konfigurasinya menggunakan standar dari penyedia shared service sehingga semua proses akan dapat dimonitor secara terpusat dengan lebih efisien. Langkah ini akan membantu anak perusahaan lebih fokus dengan proses inti bisnis tanpa harus repot dengan kebutuhan pendukung proses yang berulang.

  1. Efisiensi sumber daya

Dengan pemusatan kegiatan penunjang proses bisnis ke dalam satu lokasi maka perusahaan akan menghemat pengeluaran dalam hal investasi perangkat teknologi termasuk hardware dan software. Selain itu, proses yang terpusat dan diawasi oleh tenaga yang ahli di bidangnya akan menambah keandalan dan menjamin hasil yang lebih akurat dalam hal data. Kelebihan lainnya SDM yang digunakan pun lebih efisien.

  1. Meningkatkan produktivitas

Efisiensi pada sektor sumber daya manusia (SDM) dengan adanya pengurangan proses yang berulang setelah implementasi shared services memungkinkan perusahaan untuk mengalihkan SDM yang dimiliki untuk proses inti bisnis. Dengan pengalihan SDM dari yang semula melakukan proses penunjang kemudian diberdayakan untuk melakukan proses inti bisnis maka produktivitas pun akan meningkat.

  1. Mempermudah fungsi kontrol

Pemusatan kegiatan operasional dan standarisasi layanan serta peralatan yang diterapkan pada model shared services tentunya akan mempermudah kontrol perusahaan pada proses operasional bisnis.

Demikian peran dari shared services yang membuat semakin banyak perusahaan besar dunia yang beralih menggunakan model ini. Shared services dinilai sebagai salah satu kunci untuk efisiensi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu bagi proses bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.