Perkembangan Teknologi E-Procurement dan Tren Masa Depan

Tuesday, 31 January 2023

Dewasa ini peran proses pengadaan dengan menggunakan e-Procurement memang semakin dirasa perlu untuk menunjang kegiatan operasional bisnis. Kini penerapan aplikasi e-Procurement telah diposisikan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna, transparansi proses, dan transaksi penjualan serta pembelian.

Sebenarnya teknologi pengadaan telah berkembang pesat dalam 5 tahun terakhir. Dalam podcast Art of Procurement baru-baru ini, Jon Hansen dari Procurement Insights mencatat bahwa sekitar 70 persen transformasi digital dipengaruhi oleh teknologi aplikasi pengadaan. Penerapan aplikasi e-Procurement ini telah banyak mengubah cara pandang tim pengadaan. Dengan bantuan software ini, mereka dapat lebih leluasa untuk memikirkan peranan yang lebih strategis dan terlibat langsung dalam inti bisnis dengan lebih baik.

Dengan banyaknya teknologi yang telah dikembangkan oleh berbagai perusahaan saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa e-Procurement selalu mengalami perubahan. Perubahan ini tentu akan berdampak pada efisiensi bisnis yang diharapkan, berikut beberapa tren yang akan terjadi dalam beberapa waktu mendatang:

 

Visibilitas Pengadaan

Tuntutan akan fungsi pengadaan yang berdampak dan berpengaruh akan meningkat di masa mendatang. Teknologi digital telah memindahkan fungsi pengadaan dari dokumen yang membosankan dan aktivitas manual manusia yang berulang. Tren teknologi aplikasi pengadaan terkini, menuntut sumber daya manusia berfokus pada tugas yang lebih produktif. Ini tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga memaksimalkan proposisi nilai dari sumber daya yang mengelola proses tersebut.

Fungsi pengadaan di masa mendatang diharapkan dapat mengefisiensi biaya pada rantai pasok sebagai pembeda dari sebelumnya. Teknologi pengadaan juga dituntut untuk lebih fokus memberikan wawasan bisnis yang lebih dalam dan keterlibatan yang aktif terhadap vendor yang bekerja sama.

 

Kemampuan Teknologi untuk Saling Berintegrasi

Masifnya perkembangan teknologi membuat individu harus beradaptasi terhadap kondisi saat ini. Penguasaan kecakapan digital utamanya di bidang pengadaan menjadi urgensi bagi sebuah bisnis agar berkembang. Penggunaan teknologi pengadaan dengan terintegrasi pada teknologi lain menjadi tren yang wajar dan diupayakan harus ada. 

Jika menginginkan bisnis maju dan berkembang, integrasi harus dilakukan guna dapat mencapai fokus yang dituju. Integrasi aplikasi pengadaan dengan teknologi lain adalah langkah awal yang wajib diambil, sehingga semua sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat diolah dengan optimal.

 

Terpusat, Terkontrol, dan Terjamin Keamanannya

Merangkul teknologi berbasis cloud menjadi keharusan agar data dapat tersinkronisasi secara terpusat. Teknologi cloud medesentralisasikan fungsi pengadaan, menjadikannya lebih terukur, dan lebih mudah untuk dikontrol. Fungsi pengadaan dapat diintegrasikan secara mulus dengan perangkat lunak akuntansi, layanan pelanggan, dan produksi melalui teknologi cloud.

Namun bahaya keamanan siber sebagai bagian dari strategi transformasi digital juga harus dipertimbangkan. Karena proses pengadaan semakin bergantung pada teknologi, kebutuhan untuk mengamankan sistem ini dari gangguan, kerusakan, dan korupsi juga harus meningkat.

 

Mampu Berkompetisi

Menurut CFLOW beberapa tahun mendatang, fungsi pengadaan akan beralih ke inisiatif berkelanjutan yang berfokus pada isu kemanusisaan dan lingkungan. Pimpinan pengadaan akan memastikan bahwa produk atau layanan mereka tidak merusak tatanan kehidupan manusia, masyarakat, dan lingkungan. Teknologi pengadaan futuristik akan memetakan peristiwa geografis, tren pasar terkini, dan update produk baru yang bisa menjadi peluang potensial untuk dimanfaatkan oleh bisnis. Fungsi pengadaan di sini nantinya sebagai database data yang akan menampilkan beberapa hal di atas.

Mengubah  proses  manual  menjadi  otomatis dalam proses pengadaan kini menjadi sesuatu yang menarik bagi sebagian besar perusahaan. Manfaat implementasi e-procurement sangat besar sehingga tidak heran sistem ini telah banyak digunakan oleh berbagai bisnis. Saat ini telah hadir Procsi sebagai solusi aplikasi e-procurement yang membantu Anda mengelola proses pengadaan dengan lebih efektif dan efisien. Kemampuannya tidak diragukan lagi dalam menjalankan proses procurement sehingga  dapat mengoptimalkan operasional dan rantai pasok bisnis Anda.

 

Hubungi kami untuk detail informasi yang lebih lengkap mengenai aplikasi e-procuerment Procsi!