Kunci Utama Penerapan Firms, Aplikasi yang Penting bagi Perusahaan

Tuesday, 28 February 2023

Infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan teknologi adalah tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat hendak mengimplementasi aplikasi Firms atau Factually Integrated Risk Management System. Firms adalah aplikasi pengelolaan risiko perusahaan yang akan membantu Anda dalam melakukan mitigasi mulai dari asesmen, pengawasan, hingga tindakan pengendalian risiko bisnis perusahaan.

Dalam mencapai tujuan manajemen risiko, Firms mengkombinasikan teknologi dan bisnis agar dapat mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda. Teknologi dan bisnis adalah dua kekuatan utama Firms. Oleh sebab itu, kelengkapan infrastruktur yang menunjang implementasi Firms sangatlah penting. Hal ini agar memudahkan Anda dalam operasional aplikasi Enterprise Risk Management (ERM) ini. 

Infrastruktur yang tak memadai dapat menghambat kerja aplikasi ini. Misalnya, dalam implementasi Firms, standar sistem yang dibutuhkan yaitu internet dengan minimum bandwidth 128 Kbps. Selain itu, PC atau laptop yang digunakan harus memiliki minimum RAM 4GB.

 

Sumber Daya Manusia

Dari segi sumber daya manusia, seorang staf manajemen risiko harus memiliki beberapa skill agar bisa mengoperasikan aplikasi Firms sehingga mendorong perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Secanggih apapun aplikasi Firms atau software ERM lainnya, tak akan berfungsi dengan baik jika operatornya tak memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya dengan baik. Berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer atau staf risk management:

  1. Problem solving

Manajemen risiko adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak strategi. Anda akan bertemu dengan ratusan kemungkinan setiap harinya, dan Anda harus menganalisis dan merencanakan berbagai tindakan. Oleh sebab itu, Anda harus menempa diri agar kemampuan problem solving Anda di atas rata-rata.

  1. Kemampuan analisis

Fokus utama pekerjaan manajemen risiko adalah mencegah risiko yang merugikan perusahaan dan mencari peluang baru dari ancaman tersebut. Anda diwajibkan untuk memiliki kemampuan analisis (khususnya analisis numerik) yang mumpuni agar dapat menemukan kemungkinan dan segera menemukan langkah terbaik untuk mencegahnya.

  1. Mengerti bisnis dan numerik

Untuk mengidentifikasi dan memperkirakan risiko yang mungkin dapat mengancam perusahaan, Anda harus memahami cara kerja bisnis serta semua faktor internal dan eksternalnya. Tak hanya itu, Anda juga harus paham mengenai dasar numerik lantaran analisis risiko melibatkan banyak angka, seperti biaya, perkiraan risiko, probabilitas, dan sebagainya.

  1. Komunikasi dan diplomasi

Salah satu aktivitas risk management adalah melakukan sosialisasi terhadap risiko perusahaan ke berbagai pihak terkait dan perencanaan dalam menghadapinya. Anda harus berdiskusi dengan departemen lain untuk memutuskan rencana terbaik, meyakinkan staf untuk mulai sadar akan beragam risiko, berhubungan dengan auditor eksternal, dan meyakinkan atasan Anda. Oleh sebab itu, skill komunikasi dan diplomasi akan sangat dibutuhkan oleh seorang risk management officer.

 

Teknologi

Apabila infrastruktur dan SDM sudah memadai, selanjutnya terkait teknologi. Firms adalah aplikasi yang memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola risiko. Anda harus memahami dan mempelajari berbagai fitur penting Firms agar dapat membantu perusahaan Anda mencapai tujuan. Firms memiliki tiga fitur utama yang wajib Anda ketahui:

  1. Risk Catalogue Management

Risk Catalogue Management dapat membantu Anda dalam mengelola risiko bisnis dengan katalog lengkap yang berisi kategori risiko, relasi risiko, dan level risiko sesuai kebutuhan. Fitur yang tersedia pada Risk Catalogue Management di antaranya Master Risk, Heatmap Management, Role Management, dan Category List.

  1. Risk Assessment

Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan berbagai hal di antaranya Risk Assessment, Risk Register, dan Report Control.

  1. Reporting & Dashboard

Fitur ini akan menampilkan informasi real time dashboard akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan melalui analisis yang kuat, cepat dan akurat. Fitur yang tersedia pada Reporting and Dashboard di antaranya All Department Dashboard, Unit Dashboard, dan Top 10 Risk.

 

Dengan memperhatikan infrastruktur, SDM dan teknologi, Firms dapat bekerja dengan baik dan memberi beberapa keuntungan bagi perusahaan Anda. Terdapat empat manfaat utama yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan ERM Firms:

  1. Transparansi Informasi

Aplikasi Firms dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengetahui risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Aplikasi Firms memberi kemudahan akses terkait potensi risiko antar corporate risk dan operational risk. Integrasi ini berguna agar setiap departemen atau divisi dalam perusahaan segera memberikan respons yang tepat dalam mengurangi risiko agar tidak merugikan perusahaan.

  1. Tingkatkan Produktivitas

Firms membantu Anda dalam mitigasi risiko yang lebih terencana dan terstruktur. Hal ini akan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan produktivitas.

  1. Kemudahan Analisa

Analisis risiko adalah salah satu tahapan penting dalam pengelolaan risiko. Semakin mudah proses analisis, semakin cepat Anda dalam mencegah atau merespons risiko yang akan dihadapi perusahaan. Dengan Firms Anda bisa melakukan analisa dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

Demikian hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan mengimplementasikan aplikasi Firms. Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Firms sebagai solusi Enterprise Risk Management untuk bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.