Dalami Manfaat Shared Services, Anak Usaha Angkasa Pura Lakukan Benchmark ke SISI

Tuesday, 28 February 2023

Keberhasilan implementasi shared services di lingkungan perusahaan PT Semen Indonesia  (Persero) Tbk telah menginspirasi PT Angkasa Pura Solusi Integra (APSI) dan PT Angkasa Pura Sarana Digital (APSD) yang merupakan bagian dari PT Angkasa Pura II melakukan pendalaman dan benchmark ke SISI. Agenda benchmarking ini disambut langsung oleh Bapak Achmad Tholcah selaku Direktur SISI pada Selasa, 21 Februari 2023 lalu di Graha Aktiva lantai 11, Jakarta Selatan. 

Turut hadir langsung dalam kegiatan tersebut Bapak Hartono selaku Plt Direktur Utama PT APSI, Bapak Yudha Permana selaku Plt Direktur PT APSI, Ibu Sri Ayuni Dwiastuti selaku Plt Direktur Network Solution Business PT APSD, dan beberapa jajaran karyawan perusahaan. Dalam kesempatan ini, Jemy Mustany selaku IT & Business Product Manager SISI memaparkan berbagai fungsi dan layanan Shared Services SISI yang dalam menunjang operasional dan proses bisnis perusahaan.

“Shared services dapat menjadi value added bagi bisnis karena tidak hanya berfokus pada cost reduction semata, tetapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya seperti menjadi partner bisnis bagi pelanggan yang sejalan dengan tujuan strategis milik pelanggan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mempercepat waktu respon terhadap permintaan pelanggan, dan meningkatkan kualitas layanan yang disediakan.” ujar Jemy

Jemy juga menyampaikan bahwa dengan pemanfaatan model operasional berbasis shared services, bisnis dapat memperoleh keuntungan dalam hal mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan memperbaiki kinerja bisnis secara keseluruhan, penggunaan teknologi yang memungkinkan bisnis untuk lebih fokus pada pengembangan strategi yang lebih inovatif dan berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang. “Oleh karena itu, shared services harus dianggap sebagai nilai tambah yang strategis bagi bisnis, bukan hanya sebagai cara untuk menghemat biaya,” ujar Jemy.

Ditengah-tengah agenda tersebut, PT APSI juga menyampaikan ketertarikannya terhadap fungsi layanan shared services ini guna nantinya akan diimplementasikan di PT APSD sebagai bagian dari proses dan komitmen Angkasa Pura yang mengedepankan good corporate governance.

Pada kesempatan tersebut, secara khusus tim Shared Services SISI menjelaskan mengenai arsitektur desain dan konsep implementasi, serta bagaimana kaitannya dengan teknologi yang digunakan dalam layanan. Di akhir sesi Jemmy menambahkan penuturannya mengenai service management framework dan change management approach shared services yang menjadi bagian vital dari layanan ini. SISI sebagai peyedia solusi transformasi digital turut serta mendukung perusahaan-perusahaan yang akan membangun shared services guna diperoleh proses sentralisasi, standardisasi, simplifikasi proses, dan digitalisasi sehingga mencapai peningkatan produktivitas yang maksimal.