Lakukan Strategi Ini, dan Sambut Karyawan yang Lebih Produktif!

Friday, 15 September 2023

Produktivitas karyawan adalah kemampuan karyawan dalam mengelola input, seperti instruksi, menjadi sebuah output (keluaran) dalam periode waktu tertentu. Produktivitas karyawan meliputi kontribusi yang diberikan karyawan untuk perusahaan dengan seluruh potensi yang mereka miliki: pengetahuan serta keterampilan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada. 

Produktivitas karyawan sangat penting karena berdampak langsung terhadap bottom line perusahaan. Makin produktif karyawan, makin banyak pekerjaan yang diselesaikan, maka makin besar pula keuntungan yang diperoleh perusahaan.  

Produktivitas nyatanya tidak sesederhana yang terucap. Berbagai tantangan dalam meningkatkan produktivitas perlu diwaspadai oleh perusahaan, seperti disengagement antara karyawan dengan atasan, sistem kerja dari manajemen yang tidak efektif, hingga kurangnya evaluasi terhadap kinerja karyawan. Tantangan ini terkadang menghambat upaya perusahaan untuk menciptakan sistem kerja yang produktif. Untuk itu, berbagai tantangan tersebut hendaknya dapat diantisipasi lebih awal agar tidak memengaruhi upaya meningkatkan produktivitas pada karyawan.  

Produktivitas karyawan dapat ditingkatkan selama mereka “termotivasi dan terinspirasi”. Maka dari itu, untuk meningkatkannya, perusahaan perlu melakukan dua hal: 1) Mendukung karyawan untuk menyelesaikan pengerjaannya dengan cepat, dan; 2) Menciptakan suasana kerja yang nyaman.

 

Lakukan dengan perubahan-perubahan kecil yang konsisten seperti di bawah ini:

  1. Hindari micromanage

Produktivitas membutuhkan karyawan yang memiliki kontrol penuh terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Menerapkan manajemen mikro dengan mengatur setiap detail kerja dapat menghambat mereka untuk berkembang dalam menyelesaikan pekerjaannya. 

  1. Terapkan fleksibilitas

Sistem kerja yang fleksibel memberikan dampak positif terhadap produktivitas karyawan karena memungkinkan mereka untuk mengatur rencana kerjanya sendiri dan menciptakan lingkungan kerja yang diinginkan. Hal ini dapat menciptakan rasa nyaman dan kebahagiaan yang dapat mendorong semangat karyawan untuk bekerja secara maksimal. 

  1. Dorong karyawan untuk belajar

Perusahaan dapat mendorong karyawannya untuk belajar dengan memberikan akses untuk pendidikan lebih lanjut, melakukan internal cross-training, atau pun menyediakan pelatihan skill untuk tertentu. Ilmu-ilmu tersebut nantinya akan kembali ke perusahaan melalui hasil kerja yang baik dari karyawan. Selain itu, kesempatan belajar ini juga dapat menambah tingkat retensi karyawan terhadap perusahaan.  

  1. Sesuaikan tujuan dengan kinerja

Menetapkan tujuan yang jelas untuk bisnis dan karyawan Anda dapat mendorong kinerja yang lebih produktif serta memotivasi karyawan untuk berkolaborasi dan bekerja sebagai tim. Untuk itu, perusahaan harus secara teratur memeriksa tujuan dan kemajuan pribadi karyawannya.  

  1. Fasilitasi karyawan dengan teknologi 

Salah satu penyebab produktivitas menurun adalah kurangnya support dari teknologi dan peralatan untuk membantu pekerjaan karyawan. Penggunaan teknologi memberikan banyak kemudahan lainnya, seperti menghilangkan biaya modal dan menyediakan akses siap pakai ke informasi dan data. Memfasilitasi karyawan dengan teknologi adalah langkah progresif dalam meningkatkan produktivitas karyawan.

 

Salah satu teknologi yang banyak FORCA ERP (Enterprise Resources Planning). Dengan FORCA ERP, rasakan peningkatan produktivitas dengan adanya kemudahan akses dan kontrol pada seluruh proses bisnis dalam satu aplikasi.  

Tertarik menggunakan FORCA ERP untuk bisnis Anda? Hubungi kami