Manfaat Penting Software ERP Berbasis Cloud untuk Perusahaan Manufaktur

Thursday, 13 April 2023

Sistem ERP berbasis cloud memiliki kegunaan atau manfaat yang signifikan untuk operasional bisnis yang lebih efisien dan efektif. Salah satunya, bagi perusahaan manufaktur. Sebagaimana diketahui, perusahaan atau bisnis manufaktur sendiri merupakan bisnis yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah menggunakan alat dan peralatan, mesin produksi dan sebagainya. 

Aktivitas utama perusahaan yakni mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, maka nilai dari barang tersebut bertambah atau naik berkali-kali lipat. Hasil produksi atau barang jadi itulah yang akan dijual kepada konsumen melalui jaringan distribusi baik grosir maupun eceran. 

Tidak hanya barang jadi saja, perusahaan manufaktur juga mampu mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi. Perusahaan manufaktur juga mengubah barang setengah jadi menjadi barang jadi. Nah, berikut ini manfaat sistem ERP berbasis cloud khususnya bagi perusahaan manufaktur.

 

  1. Software Lebih Mudah Diakses

Dibandingkan ERP on-premise yang diinstal lokal, sistem ERP dengan basis cloud memiliki aksesibilitas yang mudah. Anda tidak harus datang ke perusahaan, untuk mendapatkan informasi. Karena hanya melalui perangkat yang terhubung ke internet, Anda bisa mudah mengakses informasi yang Anda butuhkan. 

Terlebih jika perusahaan Anda memiliki banyak cabang di kota yang berbeda. Setiap cabang bisnis akan saling terhubung satu sama lain meski lokasinya berbeda dan saling berjauhan. Data yang muncul juga lebih akurat dan real-time.

  1. Prosedur yang Distandarisasi

Sistem ERP didasarkan pada proses praktik internasional terbaik yang diadopsi oleh perusahaan manufaktur yang menerapkan. Dengan implementasi ERP berbasis cloud, pekerjaan menjadi lebih terstruktur sehingga tidak bergantung pada individu atau pekerja tertentu saja. Sistem ERP bagi perusahaan manufaktur juga terbukti meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

  1. Proses Integrasi Bisnis dan Akurasi Data Lebih Tepat

Manfaat utama sistem ERP berbasis cloud untuk manufaktur adalah integrasi bisnis dan akurasi data lebih baik. ERP terdiri dari beberapa modul dan sub modul yang bisa dipilih karena mewakili komponen bisnis tertentu. Perusahaan manufaktur hanya perlu memilih modul yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kelebihan menggunakan sistem ERP adalah jika data yang dimasukkan ke dalam modul mengalami pembaruan, maka modul lainnya yang terkait secara otomatis akan diperbarui juga. Pembaruan dilakukan secara real time dan tepat waktu terjadinya transaksi. Kebutuhan entri data bisa dihilangkan, selain itu kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengetikan data dan duplikat data bisa diminimalisir.

  1. Menyesuaikan dengan Kebutuhan dan Skalanya

Selain itu, sistem ERP berbasis cloud bermanfaat karena mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Anda bisa menggunakan ERP yang sesuai dengan skala bisnis Anda, bisa mengatur skalabilitas software yang sesuai keinginan. ERP menjadi sistem wajib yang digunakan untuk memenuhi tuntutan perubahan bisnis.

  1. Tingkat Produktivitas Meningkat

Manfaat utama sistem ERP berbasis cloud adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi. ERP bisa menyediakan perencanaan yang lebih baik, dan juga meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian. Aktivitas itu misalnya pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, manajemen kualitas, kas dan realisasi penjualan. 

  1. Sistem Lebih Mandiri Tanpa Tergantung Tim IT

Manfaat utama sistem ERP berbasis cloud untuk manufaktur selanjutnya menghindarkan ketergantungan staf IT. Perusahaan hanya membutuhkan sumber daya IT saat menggunakan cloud ERP ini. Anda tidak perlu repot mengelola server ERP sehingga biaya operasional bisa dipangkas. Bahkan Anda bisa memberikan tugas kepada staf IT lebih kompleks untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

 

Dari semua manfaat penting software ERP berbasis cloud tersebut, di Indonesia juga sudah tersedia software ini, yakni FORCA ERP. Melalui FORCA ERP, perusahaan Anda bisa bertransformasi digital dengan cepat dan maksimal. 

Berkat jaringan industri yang luas dan tersebar di berbagai wilayah, SISI mampu memberikan solusi yang beragam dan sesuai kebutuhan Anda, silakan klik link ini untuk mendapatkan informasi produk ERP lebih detail.