4 Praktik Terbaik Penerapan Firms, Aplikasi ERM yang Efektif dan Efisien

Wednesday, 12 April 2023

Praktik terbaik manajemen risiko perusahaan adalah informasi. Hal ini adalah kunci untuk tidak hanya mengidentifikasi risiko yang akan muncul atau yang bakal dihadapi perusahaan, tetapi juga memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Menurut laporan The World Economic Forum’s Global Risks Report 2016, teknologi informasi dan komunikasi telah menginternasionalkan rantai pasokan, menghubungkan perdagangan dan investasi dengan semakin erat.

Oleh sebab itu, saat ini, mengelola risiko berarti mengetahui apa yang terjadi di berbagai belahan bumi dan melihat apa yang akan terjadi di sekitar Anda. Dengan memanfaatkan informasi secara maksimal, Anda dapat menghasilkan sejumlah praktik terbaik manajemen risiko perusahaan.

 

  1. Manfaatkan semua data

Data terstruktur yang digunakan dalam manajemen risiko konvensional tidak mencerminkan risiko yang sesungguhnya muncul saat berbisnis. Sementara informasi tidak terstruktur —email, media sosial, artikel berita, laporan penelitian, log server, data internet, dokumentasi, dan lainnya— terintegrasi dengan informasi database terstruktur yang dapat memberikan konteks dan wawasan yang kaya untuk memperkuat ERM.

Misalnya, daftar pantauan, sanksi, dan basis data internasional lainnya dapat digunakan untuk memeriksa calon mitra bisnis, vendor, atau pemasok. Anda juga bisa memantau peristiwa dalam industri, krisis keuangan atau kesehatan global, atau masalah sosial-politik dan lingkungan yang terjadi di semua negara tempat Anda menjalankan bisnis. Informasi ini dapat mempengaruhi operasi bisnis dalam banyak cara, dan memerlukan kesadaran Anda melalui pemantauan, riset dan lainnya.

Anda harus mampu memanfaatkan semua data yang sangat penting dalam hal manajemen perusahaan, baik itu peristiwa kecil atau besar. Sebab, setiap peristiwa itu bisa berdampak yang luar biasa, dalam hitungan jam atau kurang.

 

  1. Pendekatan informasi yang inklusif

Informasi yang diisolasi dalam silo internal dapat menyebabkan paparan risiko yang tidak terduga. Dalam hal operasi dan reputasi, peristiwa internal dalam R&D, pengembangan produk, atau pemogokan tenaga kerja internal bisa sama berdampaknya dengan yang eksternal.

ERM membutuhkan dasar informasi yang kuat yang mencerminkan seluruh perusahaan, bukan hanya satu departemen atau satu area bisnis. Dengan menggunakan semua informasi eksternal dan internal yang tersedia, Anda dapat memperluas kemampuan analisis yang sama di seluruh organisasi.

 

  1. Memanfaatkan kecerdasan risiko untuk menciptakan nilai

Praktik terbaik manajemen risiko perusahaan adalah mampu memanfaatkan risiko untuk keuntungan yang lebih besar. Perusahaan yang memiliki wawasan yang lebih luas dan lebih komprehensif tentang bisnis dan risikonya memiliki posisi yang lebih baik. Mereka tidak hanya mengelola risiko, tetapi juga memanfaatkannya sebagai peluang baru.

Misalnya, mengubah sikap pelanggan atau aturan tentang lingkungan dan pemerintah dapat meningkatkan permintaan akan sumber energi yang lebih berkelanjutan seperti energi surya atau terbarukan. Analisis dari kepatuhan anti pencucian uang dapat memberikan wawasan yang berguna tentang kebiasaan pelanggan, pola pembelian, dan lainnya, untuk meningkatkan layanan pelanggan dan pengembangan produk bahan bakar.

 

  1. Jangan lupa untuk menjelajah dunia maya

Ancaman dunia maya dalam bentuk serangan malware, pencurian atau penipuan, pelanggaran data merupakan aspek penting dari manajemen risiko. Risiko terkait dunia maya yang dapat merugikan perusahaan yaitu menargetkan informasi digital tentang operasi perusahaan, data pelanggan yang sensitif, dan kekayaan intelektual lainnya.

Risiko-risiko ini memiliki potensi yang sangat tinggi bahkan dapat berdampak pada reputasi perusahaan dan keuangan. Misalnya, kebocoran data Home Depot and Target merugikan perusahaan jutaan dolar dan kepercayaan yang tak terhitung dalam hal hubungan mereka dengan pelanggan.

ERM dapat menjadi sangat kuat dalam mencegah gangguan bisnis dengan informasi yang lengkap terkait upaya peretasan hingga untuk informasi geo-politik yang penting bagi keselamatan staf dan sumber daya dalam negeri.

 

Praktik Terbaik Penerapan FIRMS

Praktik terbaik penerapan aplikasi Firms adalah dengan kombinasi teknologi dan bisnis. Anda bisa mendapatkan manfaat Firms untuk mengelola keseimbangan antara risiko dan peluang dalam menciptakan alternatif terbaik bagi bisnis Anda.

Berikut empat manfaat utama yang Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi Factually Integrated Risk Management System ERM sebagai berikut:

  1. Transparansi Informasi

Anda dengan mudah bisa mengetahui risiko yang mungkin sedang dan akan dihadapi perusahaan secara real time.

  1. Integrasi Antar Unit Kerja

Anda juga akan mendapatkan kemudahan akses antar corporate risk dan operational risk dapat memberikan respons yang tepat dalam mengurangi risiko.

  1. Tingkatkan Produktivitas

Mitigasi risiko yang lebih terencana akan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan produktivitas.

  1. Kemudahan Analisis

Lakukan analisis dengan mudah dan lebih terstruktur sebagai bahan evaluasi dan menghindari kesalahan yang sama.

Apabila Anda ingin melihat fitur-fitur aplikasi Firms yang lain dan berbagai kemudahan yang tersedia di aplikasi ini termasuk informasi lainnya terkait Enterprise Risk Management, silakan klik di sini.