Mau Lakukan Ekspansi Bisnis? Perhatikan Tips Berikut

Friday, 6 October 2023

Istilah ekspansi tentu sudah tidak asing lagi bagi para pelaku usaha. Istilah ini berasal kata expandere yang kemudian berubah menjadi expansion yang berarti menyebar atau memperluas. Ekspansi bisnis merupakan sebagai sebuah proses atau tindakan yang dilakukan agar sesuatunya dapat menjadi lebih besar atau luas.

Secara umum, ekspansi bisnis bertujuan untuk meningkatkan keuntungan. Ekspansi bisnis sendiri dilakukan untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan brand awareness, hingga meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Berikut beberapa tips dalam melakukan ekspansi bisnis:

 

  1. Perencanaan yang matang

Mempersiapkan perencanaan bisnis secara matang menjadi sangat penting sebelum kita melakukan ekspansi bisnis. Baik itu bisnis besar atau usaha kecil, perencanaan yang baik memungkinkan Anda mendapat hasil sesuai harapan. Begitu pula sebaliknya, apabila Anda memiliki perencanaan yang asal-asalan atau bahkan tanpa rencana, ibarat berjalan di tengah malam tanpa arah tujuan.

Perencanaan bisnis yang kuat dan logis dapat menimbulkan kepercayaan dari investor. Tak hanya itu, investor juga akan berpikir bahwa bisnis layak untuk dijalankan. Perencanaan bisnis membuat pemilik dapat mempetakan jalannya bisnis secara jelas. Perencanaan bisnis ini juga dapat membantu pemilik untuk menentukan target pasar dari produk yang akan ditawarkan. 

  1. Tambahkan produk dan layanan terbaru

Ekspansi bisnis layaknya serangkaian target milestones dengan menentukan tenggat waktu tertentu. Ekspansi bisnis sangat erat kaitannya dengan bagaimana perusahaan akan berusaha untuk mencapai milestone terdekat dengan jangka waktu yang ditentukan.

Salah satu tahapan yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan ekspansi bisnis adalah dengan menambahkan produk dan layanan terbaru. Hal ini akan dapat memberikan gambaran tentang seberapa besar kebutuhan SDM, biaya, dan lainnya yang dibutuhkan untuk mewujudkan rencana yang dibuat. Namun  pastikan juga bahwa Anda masih memberikan layanan dan produk dengan kualitas terbaik, dan mempertahankan reputasi baik di mata konsumen.

  1. Jalin kerjasama dengan berbagai pihak

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, ekspansi bisnis menjadi strategi penting untuk meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis. Anda dapat menjalin kemitraan dengan bisnis lain atau mitra yang memiliki visi yang sama untuk mencapai tujuan ekspansi Anda. Dengan menjalin kemitraan, perusahaan dapat memperoleh keuntungan seperti memperluas pangsa pasar, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensinya.

  1. Tentukan model bisnis yang diinginkan

Jika beberapa tips di atas sudah dipersiapkan, tentukan beberapa model bisnis yang diinginkan. Anda juga dapat menentukan model bisnis ini berdasarkan survey pasar yang sesuai dengan bisnis Anda. Penentuan model bisnis yang dijalankan dapat ditentukan sesuai dengan minat dan keahlian atau berdasarkan potensi pasar. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan.

Penentuan model bisnis ini penting dilakukan guna membuat SOP (Standard Operating Procedures) atau cara yang tepat yang kemudian dapat digunakan dalam aktivitas operasional bisnis. Lebih dari itu, penentuan model bisnis ini diperuntukkan guna mengetahui cara yang harus diterapkan untuk menyentuh target pasar yang lebih besar, memperoleh engagement, hingga melakukan tindakan penjualan di dalam pasar tersebut.

  1. Persiapkan memiliki rencana cadangan

Rencana cadangan atau biasa dikenal dengan contingency plan dapat berfungsi sebagai tindakan alternatif apabila segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Memiliki contingency plan dapat membantu perusahaan ketika melakukan ekspansi bisnis dapat mengambil tindakan cepat untuk mengurangi situasi risiko yang menimpa.

Memiliki rencana cadangan dapat mempertahankan bisnis agar tetap berjalan sekaligus menjaga reputasi sebagai perusahaan yang profesional. Tanpa adanya rencana cadangan sebelumnya, akan ada banyak waktu dan biaya yang terbuang dalam beberapa hari pertama untuk menanggapi suatu kegagalan dalam melakukan ekspansi yang pertama.

 

Adapun beberapa kategori ekspansi bisnis adalah:

Ekspansi internal

Pertumbuhan internal (internal growth) dalam ekspansi bisnis adalah pertumbuhan alami dengan melibatkan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan. Pada jenis ekspansi ini, perusahaan dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan membeli mesin baru atau membangun pabrik baru. Perusahaan juga dapat membuka outlet atau kantor cabang baru untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Ekspansi eksternal

Sesuai dengan jenis namanya, ekspansi jenis ini melibatkan berbagai pihak eksternal perusahaan dengan menggabungkan sumber daya dan kemampuan dari luar. Bentuk ekspansi eksternal dapat dijalankan dengan beraneka ragam kegiatan di antaranya, mengakuisisi perusahaan lain, merger dengan brand lain, membangun aliansi strategis dan masih banyak lagi.

Ekspansi bisnis kini menjadi suatu strategi bagi perusahaan dalam menumbuhkan atau mengembangkan bisnis. Langkah strategi ini bertujuan untuk dapat meningkatkan skala operasional dan membawa pertumbuhan usaha menjadi lebih besar. Dengan dukungan solusi digital, tingkat keberhasilan suatu langkah strategis bisnis Anda tentu menjadi lebih baik. Untuk itu pastikan Anda menggunakan solusi digital dengan tepat agar sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

 

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda!