Digitalisasi Reporting, Solusi Perkuat Pengendalian dan Improvement Kinerja Operasional GHoPO

Friday, 6 October 2023

Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat saat ini, kolaborasi yang efektif dan komunikasi yang efisien menjadi sangat penting bagi keberhasilan organisasi mana pun. Salah satu kolaborasi yang penting adalah dalam pembuatan dan pengelolaan pelaporan perusahaan untuk mencapai pola operasi yang efektif dan efisien. Untuk meningkatkan proses ini, baru-baru ini SIG dan SISI telah menyelesaikan proyek kerja sama Digitalisasi Reporting Group Head of Plant Operation (GHoPO)  di lingkup kerja PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Digitalisasi Reporting GHoPO (DRG) merupakan aplikasi terpadu yang menggabungkan beberapa data operasional pabrik seperti data produksi, maintenance, quality control, quality assurance, SHE, dan data TPM. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk memusatkan pengelolaan data. Dengan DRG, organisasi kini dapat menyimpan dan mengakses semua data relevan mereka di satu lokasi yang aman, serta memastikan integritas dan konsistensi data secara menyeluruh.

Pendekatan terpusat ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga menghilangkan risiko perbedaan data yang dapat menghambat proses pengambilan keputusan. “Dengan Digitalisasi Reporting GHoPO, kami berharap data tersebut bisa kita dapatkan real time dan bisa dijadikan acuan dalam melakukan review atas proses bisnis yang dijalankan, untuk mendapatkan koreksi yang cepat dan pencapaian target dengan mudah,” ujar Didiet Joko Susilo selaku Senior Manager of Project Management PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

 

Sejak diluncurkan, aplikasi ini mendapatkan perhatian khusus terlebih bagi unit kerja Maintenance Planning and Evaluation SIG. Aplikasi ini dapat meningkatkan capaian performa plant pada parameter-parameter kunci seperti STEC, SEEC, TSR, Production Rate, Availability dan Clinker Factor, serta KPI Manajemen. “Melalui penerapan aplikasi ini perusahaan dalam tingkatan top manajemen dan stakeholder yang terkait dengan produksi dapat mengakses informasi kinerja operasional dan melakukan improvement serta controling dengan mudah”, lanjut Didiet Joko Susilo.

Mengenai proses pengembangan aplikasi ini Didiet juga mengungkapkan bahwa keberhasilan aplikasi ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, baik dari tim produksi SIG, stakeholder maupun SISI selaku pihak ketiga yang membuat software aplikasi ini. Pihaknya dan tim telah mempercayakan SISI yang memiliki pengalaman cukup banyak dalam pengembangan platform dan aplikasi di berbagai instansi.

“Dengan pengalamannya yang cukup di SIG dan beberapa instansi lain, kami berharap pada pengembangan platform dan aplikasi ini SISI dapat mendukung kinerja perusahaan lebih baik ke depannya,” lanjut Didiet Joko Susilo.

 

Saat bisnis berusaha untuk tetap kompetitif dalam lanskap yang terus berkembang, solusi digitalisasi ini menawarkan pendekatan baru terhadap pola operasi perusahaan. Dengan fokus pada kolaborasi, pengelolaan data, penyesuaian, otomatisasi, dan integrasi, solusi digital ini dirancang untuk mengubah cara organisasi melaporkan dan mengambil keputusan yang lebih baik.