Perluas Transformasi Human Capital, SISI dan Waskita Toll Road Kembali Jalin Kerja Sama

Tuesday, 3 October 2023

Sumber daya manusia memainkan peranan yang paling penting dalam sebuah organisasi. Dalam bidang sumber daya manusia (SDM) atau human capital (HC) sendiri akan banyak kompetensi baru yang dibutuhkan. 

Setelah sukses melakukan Roll Out Implementasi di  PT Waskita Toll Road pada tahun 2021 yang lalu, beberapa anak usaha PT Waskita Toll Road bersama dengan SISI sepakat menjalin kerja sama kembali dalam peningkatan kualitas pelayanan kompetensi dan SDM melalui support penggunaan aplikasi WEST. Kerja sama ini ditandai dengan digelarnya Kick Off Meeting Roll Out Aplikasi WEST melalui virtual meeting pada Selasa, 12 September 2023 lalu. 

Teknologi seperti aplikasi Waskita Employee Self-Service Technology (WEST) yang hadir mampu merubah tatanan yang berjalan selama ini di PT Waskita Toll Road. Konsep aplikasi WEST yang berfungsi dalam melayani seluruh kebutuhan karyawan dalam satu wadah, termasuk absensi elektronik, proses cuti, hingga asesmen kinerja telah berimplikasi pada sebagian besar pekerjaan human capital.

Dengan beberapa kondisi di atas, kini PT Waskita Toll Road pun mulai melakukan implementasi aplikasi WEST untuk digunakan di anak usaha lainnya yang meliputi, PT Waskita Sriwijaya Tol, PT Trans Jabar Tol, PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, PT Waskita Bumi Wira, PT Pemalang Batang Toll Road, dan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga. Fokus perluasan ini guna memperkuat culture transformation bidang human capital untuk mengiringi perjalanan PT Waskita Toll Road dalam melakukan transformasi di era digital.

Dalam konteks kerja sama ini, SISI akan menggunakan  3 faktor keberhasilan implementasi aplikasi WEST di beberapa perusahaan sebelumnya. Parameter yang ditetapkan di antaranya mencakup assessment readiness, end user training, dan change management, yang diimplementasikan dengan melakukan pokok-pokok pendekatan serta strategi.

Dari sisi pemanfaatan aplikasi, Adhitya Abshar Arham selaku Project Manager SISI menjelaskan bahwa melalui penerapan aplikasi WEST, organisasi dapat secara efektif menerapkan sumber daya manusia untuk mendorong produktivitas, inovasi, dan pertumbuhan. “Penting untuk menyadari bahwa setiap organisasi adalah unik. Sinergi dan kolaborasi dengan ini bisa disederhanakan dengan yang disebut sharing infrastruktur, sehingga aplikasi WEST ini akan dimanfaatkan bersama guna optimalisasi serta melakukan pencapaian organisasi yang lebih baik,” ujarnya.