Menelisik Manajemen Expediting dan Dashboard pada Procsi

Friday, 3 March 2023

Melalui penerapan sistem e-procurement, perusahaan dapat menikmati manfaat penghematan waktu dan biaya. Selain itu, fungsi pengadaan yang sangat administratif seperti pengadaan, permintaan, dan lainnya dapat diotomatisasi dengan mudah.

Otomatisasi proses pengadaan menawarkan manfaat bagi organisasi mulai dari transparansi proses hingga pengelolaan dan pengoptimalan pengeluaran. Namun, memilih solusi e-procurement yang tepat di pasar yang ramai bukanlah hal yang mudah. Bisnis perlu mengevaluasi setiap penyedia perangkat lunak e-procurement potensial dan menyusun daftar pro dan kontra sebelum sampai pada keputusan.

PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) merilis aplikasi e-procurement yang dinamai Procsi. Aplikasi ini merupakan solusi terbaik dan lengkap bagi proses pengadaan yang menjadi salah satu pilar dalam supply chain management perusahaan. Melalui kemudahan sistem yang ditawarkan, perusahaan dapat melakukan pengadaan secara digital, interaktif, dan terintegrasi.

Ada empat modul yang dikembangkan SISI, yakni manajemen vendor, tender, expediting dan invoice. Pada modul manajemen expediting, digitalisasi proses pengadaan mulai dari expediting reminder, expediting communication hingga expediting progress.

Modul manajemen expediting ini, memonitor outstanding Purchase Order dan mengkomunikasikan dengan vendor terkait progres pengiriman barang dan jasa.

 

Beberapa fitur yang termasuk dalam modul manajemen expediting Procsi yakni:

  • Expediting reminder

Proses pembuatan jadwal oleh buyer yang dikirimkan kepada vendor yang bersangkutan. Vendor akan menerima pemberitahuan mengenai jadwal reminder yang telah dibuat oleh buyer. Reminder akan selalu aktif sampai due date yang telah ditentukan.

  • Expediting communication

Proses komunikasi antara dua belah pihak antara buyer dan vendor berdasarkan PO yang aktif. Sebelum melakukan komunikasi, kedua belah pihak mendapatkan notifikasi reminder secara bersamaan.

  • Expediting progress

Merupakan proses input progress pekerjaan beserta dokumen lampiran pendukung yang dilakukan oleh vendor dan disubmit kepada buyer. Apabila buyer sudah menerima dokumen progress dari vendor, terdapat notifikasi pada Procsi.

Beberapa tutorial yang bisa diuji coba oleh perusahaan atau organisasi yang tertarik untuk mencoba modul Procsi, tersedia dalam link demo berikut ini.