Berinovasi atau Tergilas di Era Baru: Pelajari 3 Pola Dasar Inovasi Ini

Friday, 3 March 2023

Dalam bisnis tentu kita menginginkan sesuatu yang berkembang. Ada kalanya kita butuh inovasi baru demi mempertahankan eksistensi bisnis mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis saat ini. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses menciptakan hal baru dan dapat menghasilkan atau bahkan menciptakan hal-hal unik serta berkualitas.

Dewasa ini adanya inovasi bisnis dapat menjadi langkah yang tepat guna menghadapi persaingan, dan dinilai cukup efektif untuk memenangkan pasar. Dalam konteks bisnis, inovasi dapat berkaitan dengan memodifikasi model bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih baik.

 

Mengapa inovasi penting

Dengan pembaharuan yang dimiliki dalam kegiatan inovasi, diharapkan sebuah kualitas baik produk atau jasa maupun pelayanan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Inovasi ini diharapkan dapat menciptakan brand perception yang positif dari audiens, yang bisa menarik perhatian konsumen baru dan meningkatkan loyalitas konsumen lama. Sehingga perlakuan ini diharapkan mampu memperlebar sayap bisnis.

Tanpa sebuah inovasi kita seperti memulai kompetisi dengan kerumunan kompetitor lain tanpa adanya value yang berbeda. Namun dengan sebuah inovasi ini menjadikan kita pergi dari kerumunan kompetitor untuk bersaing dengan lebih sedikit kompetitor yang sama-sama inovatif. Usaha atau inisiatif yang kita mulai tanpa inovasi akan menjadikan usaha kita menyita banyak sumber daya dan memaksa kita bersaing dengan kerumunan kompetitor.

 

Menurut Studi tahunan Booz and Company, perusahaan konsultan terkemuka dunia, menunjukkan alasan perusahaan melakukan inovasi secara konsisten dan unggul di bidangnya. Menurut mereka terdapat 3 pola dasar inovasi yang diterapkan di antaranya;

  • Need Seekers

Inovasi jenis ini secara aktif dan langsung melibatkan pelanggan dan calon pelanggan untuk membantu perusahaan membentuk produk dan layanan baru berdasarkan pemahaman pada pengguna atau konsumen. 

Pola inovasi ini seringkali berupaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tidak terartikulasikan. Hal ini karena mereka menginginkan menjadi penyedia solusi atas kebutuhan masyarakat yang pertama di pasar dalam menghasilkan produk dan layanan baru. Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan pola ini adalah perusahaan Apple dan Procter & Gamble (PG).

  • Market Readers

Seperti namanya, pola inovasi jenis ini akan terus berupaya memonitor gerak gerik konsumen dan kompetitor mereka tapi dengan pendekatan penuh kehati-hatian. Market readers lebih mengutamakan perubahan perubahan inkremental (berkembang sedikit demi sedikit secara teratur) dan menjadi pengikut atau imitator yang tangkas di lapangan. 

Salah satu contoh perusahaan besar yang mengikuti tren ini adalah Samsung. Perusahaan satu ini mampu mengikuti tren produk terbaru yang sedang populer dan mengembangkannya sehingga bisa sampai ke pasar dengan begitu cepat.

  • Technology drivers

Inovasi pada model bisnis ini menitikberatkan pada teknologi dan berinovasi terhadap teknologi masa kini. Langkah ini diharapkan dapat mengubah perilaku konsumen, industri, dan cara bisnis mereka dalam beroperasi. Pelaku yang melakukan inovasi jenis ini seringkali melakukan perubahan secara inkremental atau perubahan dengan memanfaatkan investasi berkelanjutan dan mendorong dan pengembangan untuk mendorong terobosan baru.

Itu tadi beberapa konsep inovasi yang mendorong perembangan industri bisnis saat ini. Anda juga dapat menyederhanakan tiga pola itu dengan tiga pertanyaan yang dapat memandu seperti what is desirable to users? What is viable in the marketplace? dan What is possible with technology? 

Kini konsep inovasi secara berkelanjutan bukan lagi didasarkan keinginan dari pemimpin atau pemilik perusahaan, tetapi harus didasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar. Mau tidak mau, Anda harus menghadapinya dengan bijak dan cerdas. Tambahkan juga dukungan teknologi membuat perusahaan lebih fokus pada core business. Dapatkan dukungan solusi teknologi terbaik kami untuk tingkatkan inovasi pada bisnis Anda. Hubungi kami!