Mengenal Safeins, Aplikasi Pengelola Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Monday, 16 October 2023

Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman. Langkah ini untuk mengurangi probabilitas kecelakaan kerja/penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan defisiensi produktivitas kerja.

Penerapan K3 sendiri telah diatur dalam undang-undang Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Hal ini disebabkan karena tingginya risiko kecelakan yang terjadi utamanya pada bidang pekerjaan yang beresiko tinggi seperti konstruksi, pertambangan, dan manufaktur. 

Di era digital ini, penggunaan aplikasi pemantauan penerapan K3 kini menjadi penting. 

 

Untuk mendukung penerapan K3 yang baik, aplikasi Safeins yang  dirancang khusus untuk mengintegrasikan pengelolaan K3 dapat mendukung mempercepat pekerjaan dan respon untuk pelayanan. Beragam fitur yang terdapat dalam aplikasi ini di antaranya;

  • Safety Management
  • Alat Pelindung Diri (APD) Management
  • Health Management
  • Fire System Management
  • Tanggap Darurat
  • Environment
  • K3 News

Dengan beragam fitur di atas, penggunaan aplikasi Safeins dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan keselamatan kerja dalam perusahaan. Aplikasi ini juga dapat membantu pihak manajemen dalam memantau dan melakukan analisa keselamatan dan kesehatan kerja. Berikut beberapa manfaat penggunaan Safeins:

 

Melindungi kesehatan dan keselamatan tenaga kerja

Sesuai dengan namanya, aplikasi Safeins dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja. Aplikasi ini memadukan manajemen layanan monitoring penggunaan peralatan keselamatan kerja dan dashboard laporan analitik sehingga dapat menjamin keselamatan kerja karyawan. Dengan sumber data yang diinput pada aplikasi, perusahaan dapat mengatur regulasi K3 yang berisi sejumlah kebijakan mengenai penerapan program K3. Dengan mengatur regulasi, berarti perusahaan telah serius untuk menjamin keselamatan para karyawan.

 

Menjamin ketersediaan sumber yang tersedia 

Aplikasi Safeins dapat digunakan dalam  setiap produksi dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan digunakan secara aman. Dari input data pada aplikasi dapat diperoleh database untuk melakukan pemeriksaan berkala mengenai keamanan tempat kerja serta peralatan yang akan digunakan. Dengan begitu, apabila ditemukan peralatan dan mesin yang rusak, dapat segera diperbaiki atau diganti untuk menghindari risiko kecelakaan kerja.

 

Mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan

Aplikasi safeins bukan hanya untuk monitoring keselamatan kerja karyawan. Namun lebih dari itu aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai aspek-aspek keselamatan kerja yang perlu diperhatikan.

Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mengelola keselamatan kerja karyawan tersedia pada aplikasi Safeins. Mulai dari monitor alat keselamatan kerja karyawan hingga informasi tanggap darurat semua tersedia pada fitur-fitur Safeins. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut berbagai kemudahan yang disediakan oleh Safeins? Silahkan hubungi kami di sini.