Peringati World Mental Health Day, SISI Gelar Webinar & Launching Program Collaborative Counseling

Friday, 13 October 2023

Dalam rangka memperingati hari kesehatan mental dunia pada tanggal 10 Oktober, SISI beberapa waktu lalu menyelenggarakan kegiatan webinar world mental health day melalui video conference. Dengan mengusung topik “Mental Health at Work”, kegiatan webinar ini menghadirkan pemateri Aviana Astari, M.Psi, Psikolog dari Kalea, yang membagikan wawasan tentang pentingnya kesehatan mental dalam lingkungan kerja.

Dalam pemaparannya, Aviana Astari atau biasa dipanggil dengan Vivi mengatakan bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sehingga penting untuk memprioritaskan kedua aspek tersebut demi kehidupan yang seimbang. “Kenapa kesehatan mental begitu penting, karena kesehatan mental ini akan mempengaruhi seseorang berpikir, merasa dan bertindak. Sehingga dalam bekerja karyawan akan lebih positif dan juga bekerja akan semakin optimal,” ujarnya.

Melalui agenda webinar ini, perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk peduli dan mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan mental, serta memberikan ruang untuk berbagi pengalaman dengan rekan kerja. Webinar ini juga menjadi narahubung yang interaktif dan informatif, di mana para peserta dapat belajar tentang berbagai topik terkait kesehatan mental dan mendapatkan saran praktis untuk menjaga kesejahteraan mereka.

 

Dalam kegiatan ini juga sekaligus diselenggarakan launching program SISI Caring (Collaborative Counseling). Adanya program ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan layanan konseling kepada karyawan yang membutuhkan. Dengan SISI Caring ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesejahteraan dan kesehatan mental karyawan. 

Hani Aisah Fara selaku Manager of Human Capital SISI mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki tekad untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan mindfulness, dimana karyawan merasa didengar, dihargai, dan didukung dalam perjalanan mereka menuju kesehatan mental yang optimal. Melalui pendekatan holistik ini, perusahaan berharap dapat meningkatkan produktivitas, kepuasan kerja, dan kualitas hidup karyawan.

“Kita memang menginisiasi program ini sebagai wadah berbagi cerita bagi karyawan, dengan harapan berbagai masalah yang dihadapi oleh karyawan dapat dihadapi dengan baik sehingga karyawan pun dapat bekerja dengan nyaman, produktif, dan tentunya lebih happy.” ujar Hani.

Hani juga mengungkapkan, manajemen perusahaan memahami bahwa pentingnya setiap individu dapat menghadapi tantangan dan perasaan yang kompleks dalam hidup mereka. Sehingga perusahaan ingin memastikan bahwa karyawan SISI memiliki akses ke sumber daya yang tepat untuk mendukung kesehatan mental mereka.

“Kami telah memilih konseler untuk menyediakan layanan konseling yang berkualitas. Konselor kami memiliki kompetensi, keahlian, dan pengalaman dalam konseling serta telah menugaskan mereka dalam berbagai pelatihan beberapa waktu lalu,” lanjut Hani.