Mobile Absensi, Tawarkan Peningkatan Efisiensi untuk Pertumbuhan Bisnis

Monday, 9 October 2023

Berdasarkan penelitian international Institute for Management Development (IMD), Indonesia saat ini berada di posisi ke-62 dalam persaingan digital tingkat internasional. Ini berarti di balik banyaknya perusahaan startup bermunculan, Indonesia masih terjebak dalam sistem pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang konvensional.

Aplikasi mobile absensi kini menjadi salah satu solusi yang efektif pada situasi yang saat ini banyak memilih bekerja dengan metode work from anywhere (WFA). Metode absensi digital ini juga bisa digunakan untuk menggantikan cara absen manual dan fingerprint, terutama jika memiliki karyawan yang mengharuskan mereka bekerja di luar kantor. 

 

Berikut beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi mobile absensi;

  1. Presensi online

Menggunakan mobile absensi secara online tidak membutuhkan mesin absensi sidik jari dan lainnya yang harus dipasang di lokasi kantor. Setiap karyawan dapat melakukan absensi dari mana saja dirinya bekerja. Perusahaan pun tidak perlu menyediakan komputer dengan ruang penyimpanan untuk mencatat data absen karyawan. Semua dapat dilakukan dengan lebih fleksibel dan memungkinkan absen di berbagai lokasi yang berbeda. 

  1. Pengajuan izin dan cuti

Ingin menerapkan pola kerja yang efisien? Aplikasi mobile absensi bisa menjadi rujukan yang tepat. Kini beragam aplikasi mobile absensi yang dapat digunakan untuk melakukan pengajuan izin dan cuti dengan lebih mudah. Pengelola SDM pun dapat dengan praktis mengelola izin karyawan dengan lebih efisien.

  1. Penjadwalan shift

Melalui penggunaan aplikasi mobile absensi, pengelola sumber daya perusahaan dapat membuat jadwal kerja karyawan dengan lebih tepat. Anda dapat menambahkan, menyesuaikan, dan menugaskan  karyawan. Anda juga dapat membuat jadwal shift kerja dengan mudah dan lebih cepat.

  1. Hitung dan bayar gaji

Berbeda dengan sistem manual, sistem absensi secara online akan mencatat kehadiran karyawan secara real-time, sehingga memudahkan Anda dalam mendapatkan data. Absensi secara online akan terintegrasi dengan data karyawan yang tersimpan di server cloud, sehingga perusahaan tidak perlu repot menginput data untuk setiap jenis pekerjaan. Sehingga ini sangat membantu perhitungan payroll karyawan.

  1. Aktivitas karyawan

Dengan sistem absensi ini, karyawan di berbagai kantor cabang akan lebih mudah dalam melaporkan kehadirannya. Dan pada saat yang sama, perusahaan juga dapat memantau aktivitas karyawan mulai dari clock-in dan clock-out, karyawan mana yang terlambat, pekerjaan yang dilakukan hingga mengetahui karyawan mana saja yang tidak hadir.

  1. Performa kehadiran

Kini aplikasi mobile absensi dapat menjadi alternatif sebagai database guna mencatat dan merekap status kehadiran (absensi) karyawan, mulai dari status Hadir, mangkir, hingga Cuti dan Unpaid Leave. Sistem aplikasi mobile absensi otomatis terintegrasi dengan data karyawan yang tersimpan di server cloud, sehingga perusahaan tidak perlu repot menginput data untuk mengetahui performa kehadiran karyawan.

 

Tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang menerapkan aplikasi absensi online. Bahkan sebagian besar perusahan di Indonesia tidak lagi menggunakan metode absensi konvensional. Berikut beberapa alasan pentingnya menggunakan aplikasi absensi online;

  • Sistem absensi mobile memberikan fleksibilitas pada karyawan
  • Mempercepat proses payroll 
  • Meningkatkan engagement karyawan
  • Membantu peran strategis HR dengan mengurangi pekerjaan administratif

Efisiensi dan efektifitas pekerjaan kini dinilai sebagai salah satu point penting yang harus diupayakan oleh perusahaan. Kehadiran aplikasi absensi mobile ini mampu menunjang produktivitas sumber daya manusia. Tertarik untuk mengoptimalkan proses pengelolaan SDM dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda? Hubungi kami!