Pahami Apa Itu Integrasi API dan Ketahui Berbagai Manfaatnya

Friday, 19 May 2023

Era digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan. Kini dengan adanya perkembangan teknologi digital juga telah mempengaruhi pembuatan aplikasi yang dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari mulai nol. 

 

Dengan semakin praktisnya proses pembuatan aplikasi saat ini, tentu akan berdampak pada pekerjaan developer yang akan lebih mudah dan pengembangan aplikasi. Namun sebenarnya tahukah kalian ini dipengaruhi oleh peran utama API (Application Programming Interface) sehingga konsistensi pembuatan software masih ada sampai sekarang. API sendiri dapat diartikan sebagai perantara software yang memungkinkan dua aplikasi yang berbeda dapat berinteraksi secara bersamaan. API dikelompokkan menjadi beberapa kategori, di antaranya operating system, programming languages, infrastructure service dan application services. Berikut beberapa manfaat lebih detail adanya API:

  1. Proses integrasi antar dua aplikasi membuat pengembangan aplikasi lebih cepat dan efektif

Adanya API kini sangat membantu para programmer dalam membuat aplikasi. Apabila programmer membutuhkan sebuah fitur yang berkaitan dengan fungsi pada aplikasi lain, mereka tinggal mengambil API key yang dibutuhkan dan menyematkan dalam kode program. Ini cukup sederhana, programmer tak perlu lagi membuat coding dari 0.

Sebagai contoh, apabila seorang programmer ingin menambahkan fitur Google Maps atau login Facebook pada sebuah website, maka programmer dapat menemukan API key, selanjutnya kedua fitur tersebut bisa dengan mudah terpasang di sistem website.

  1. Beban pada server rendah karena tidak perlu menyimpan semua data

Apabila seorang programmer menerapkan API dalam sistemnya, maka programmer sudah tidak perlu lagi menyimpan semua data tersebut di server pribadi. Untuk saat ini apabila menggunakan API, mereka cukup meminta API untuk mendapatkan data terbaru dari server asal. Sehingga beban server akan berkurang dan server pribadi tidak akan down lagi karena beban yang berlebih.

  1. Membangun aplikasi yang kompleks tetapi lebih fungsional

Karena permintaan untuk software yang semakin kompleks terus meningkat, programmer perlu mencari jalan yang cepat untuk membuat prototype dan membuat produk baru. API menawarkan mekanisme pengembangan aplikasi yang lebih cepat dan terintegrasi dengan berbagai fitur. 

Fungsi utama dari API adalah konektivitas. Dengan adanya API memungkinkan pembuatan sistem aplikasi dan platform yang berbeda dapat saling terhubung, memudahkan sharing data dengan yang lainnya, dan melakukan berbagai jenis fungsi sehingga dapat membangun aplikasi yang lebih fungsional. Ini memungkinkan untuk menciptakan lebih banyak fitur khusus yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya.

 

Kini API menyediakan beberapa komponen yang memudahkan developer untuk membuat aplikasi. Penerapan API akan sangat terasa jika fitur yang diinginkan sudah sangat kompleks. Namun tentu ini akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Adanya kode API ini sangat penting guna menunjang fungsi bisa saling terintegrasi dengan baik. 

Pastikan bahwa Anda menggunakan aplikasi yang tepat sebagai upaya pengoptimalan bisnis. SISI dapat menjadi referensi terbaik bagi Anda untuk mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis. Pelajari lebih lengkap manfaat yang dapat Anda peroleh dan hubungi kami segera!