Pemanfaatan Aplikasi SDM sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan

Friday, 24 March 2023

Dewasa ini, tren teknologi pada bidang human resource (HR) sedang menjadi perbincangan dalam berbagai perusahaan untuk aktivitas pengelolaan karyawan. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh teknologi yang memainkan peranan penting dalam dunia bisnis. Terlebih lagi teknologi satu ini memiliki fungsi sebagai laporan yang mampu memprediksi masa depan berdasarkan tren yang berlangsung saat ini dengan lebih cepat dan mudah.

Keberagaman fitur yang terdapat pada aplikasi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) ini dapat dibilang merupakan kelebihan utama dari layanan ini. Beberapa fitur yang dimaksud berupa database pengelolaan karyawan, absensi, dan beberapa fitur lainnya yang akan digunakan untuk membantu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses bisnis SDM di perusahaan. 

Berikut beberapa manfat teknologi HR yang mampu membantu Anda meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dengan bantuan aplikasi:

 

Upaya pengelolaan SDM yang lebih efisien dan terstruktur

Adanya inovasi teknologi pada pengelolaan SDM tentu bertujuan untuk membangun keunggulan yang kompetitif dalam industri bisnis. Fungsi dari inovasi teknologi ini telah mampu mengotomasikan proses rutin pengelolaan karyawan yang melelahkan menjadi jauh lebih efisien. Adapun berbagai proses konvensional yang dilakukan seperti perhitungan gaji, input data, sistem pengelolaan kinerja pegawai, dan sejumlah tugas sehari-hari lainnya dapat diringkas dalam penggunaan satu sistem aplikasi.

Tersedianya aplikasi SDM saat ini penting guna perencanaan dan pengelolaan yang efisien sebagai kunci dalam meraih target bisnis. Sistem pengelolaan SDM dengan teknologi yang terpadu telah merevolusi metode penyusunan, penyimpanan, pengambilan dan aksesibilitas data pegawai dengan lebih cepat dan terstruktur. Seperti contoh dalam hal melakukan rekrutmen. Pengelola SDM dapat lebih cepat mengumpulkan dan memilah-milah resume yang terkumpul sesuai dengan kriteria perusahaan untuk membantu mempersempit pilihan kandidat. Ini tentu memperingkas waktu tim SDM dalam mencari kandidat terbaik bagi perusahaan.

 

Analisis kinerja karyawan hanya dengan sekali klik

Bagi perusahaan yang memiliki beberapa kantor cabang, bekerja melakukan pengelolaan karyawan akan sangat sulit jika dilakukan secara konvensional. Kehadiran inovasi teknologi SDM yang kini juga telah berbasis cloud, memudahkan tim SDM mengakses informasi penting karyawan kapan saja dan dari mana saja. 

Keuntungan pemanfaatan aplikasi ini yakni untuk menyimpan data karyawan, mulai dari data pribadi, cuti, hingga data penggajian secara digital. Sehingga, data akan lebih mudah dianalisis dan diakses hanya dalam satu klik. Tim SDM dapat lebih fokus pada tujuan utamanya, yakni melihat pengembangan SDM dalam perusahaan tanpa harus berfokus terhadap pencarian data atau pengurusan administrasi lain.

 

Mendukung penyesuaian apabila terdapat peraturan baru perusahaan

Manfaat aplikasi SDM juga dapat membantu berbagai macam pekerjaan. Penggunaan aplikasi ini mampu menjembatani kebutuhan informasi karyawan apabila terdapat perubahan peraturan di perusahaan yang memperbolehkan karyawan dapat mengaksesnya. Layanan semacam ini pada umumnya memungkinkan karyawan memiliki akun yang terintegrasi dengan akun resmi aplikasi perusahaan. Karyawan pun dapat dengan mudah mengetahui kebijakan perusahaan serta informasi-informasi lain yang dianggap relevan.

 

Mengurangi peluang terjadinya duplikasi data dan mendukung gerakan paperless

Adanya keberagaman fitur pada aplikasi SDM kini dapat membantu tim dalam mengelola karyawan. Adapun fitur yang dimaksud diantaranya bisa berupa database yang mampu memuat struktur organisasi terbaru serta merangkum data karyawan harian yang dapat diakses secara real-time. Keuntungan ini juga tentu berpengaruh terhadap besaran biaya bisnis di berbagai bidang. Hal utama yang dapat dilihat yakni efisiensi biaya karena tidak harus menggunakan kertas. Proses penyimpanan data karyawan juga bisa difasilitasi dengan menggunakan aplikasi ini sehingga tim tidak perlu menyimpan semua data dalam bentuk fisik karena sudah tercatat dalam sistem.

Dengan dukungan aplikasi SDM tentunya akan sangat memudahkan pengelolaan SDM. Performa tim SDM di perusahaan akan menjadi lebih maksimal sehingga sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan semakin berkualitas dibandingkan dengan sebelumnya. 

 

FORCA HR adalah salah satu aplikasi yang memiliki fitur unggulan dalam hal pengelolaan karyawan dengan lebih mudah. Karyawan akan terkelola dengan baik dan rapi serta dapat menunjang dalam kegiatan operasional perusahaan dengan lebih baik. Cari tahu lebih lengkap performa aplikasi ini untuk menunjang bisnis Anda, dan hubungi kami segera!