Pentingnya Penguatan Fundamental pada Proses Digitalisasi Bisnis

Monday, 31 July 2023

Berkembangnya teknologi digital saat ini telah mendorong kekuatan teknologi informasi sebagai tumpuan utama dalam memenangkan kompetisi pasar. Digitalisasi dalam hal ini meliputi dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Berbeda dengan teknologi informasi, teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Keduanya merupakan kesatuan tak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia. Meski memiliki perbedaan, keduanya tetap saling berkaitan.

Digitalisasi saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang mulai diprioritaskan untuk operasional bisnis. Bukan tanpa alasan, kebutuhan terhadap teknologi kian penting berkat kemampuannya untuk menghubungkan Anda —sebagai pelaku bisnis— dengan beberapa konsumen yang berada di tempat berbeda. 

 

Dalam hal penguatan fundamental, digitalisasi proses bisnis memerlukan beberapa tahapan, di antaranya:

 

  • Edukasi pentingnya digitalisasi

Sebelum menerapkannya ke dalam sebuah bisnis, Anda perlu memperbanyak literatur tentang teknologi digital serta memahami potensi SDM yang dapat dikembangkan di dalamnya. Teknologi digital saat ini banyak hadir dalam berbagai infrastruktur sehingga membutuhkan SDM yang terpadu dengan kemampuan dan pengalaman yang baik untuk dapat memaksimalkan fungsi dan manfaatnya. 

Dengan demikian, memastikan setiap SDM memperoleh edukasi yang baik menjadi hal yang patut diperhatikan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan memfasilitasi pendampingan dan pelatihan untuk SDM sehingga nantinya dapat berdampak pada percepatan pengembangan bisnis perusahaan. Dengan demikian, penguatan SDM di sektor digital perlu ditingkatkan guna mendukung pengembangan infrastruktur serta teknologi digital. 

 

  • Kesetaraan akses digital melalui peningkatan ketersediaan infrastruktur digital.

Setelah Anda mempelajari pentingnya digitalisasi, langkah selanjutnya adalah persiapkan infrastruktur teknologi digital. Adanya infrastruktur teknologi digital akan menunjang berbagai aktivitas. Penyediaan infrastruktur digital akan mempercepat proses bisnis, mengatur perencanaan, dan mengoptimalisasi operasional dari keseluruhan lini secara sistematis. Melalui infrastruktur digital, karyawan dan pihak eksternal dapat saling terhubung dalam lingkungan bisnis, menjadikannya sebagai platform ideal untuk berinteraksi.

 

  • Optimasi Teknologi

Langkah akhir dalam digitalisasi bisnis adalah mengoptimalkan penggunaan teknologi. Anda dapat memulainya dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memberikan informasi dan melakukan promosi produk dan layanan Anda. 

Selain media sosial, Anda juga dapat menggunakan platform website atau aplikasi mobile sebagai kanal lain yang dapat menampung kebutuhan informasi para pemangku kepentingan. Dengan didukung oleh website, informasi bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Kehadiran website atau aplikasi mobile juga dapat dijadikan bukti bahwa bisnis Anda benar-benar eksis dan terpercaya.

Penerapan bisnis ke arah digital bukanlah perkara yang mudah. Beberapa hal-hal fundamental perlu dikuatkan untuk memastikan kesuksesan dalam mengadopsi teknologi digital. Dengan mengadopsi digitalisasi dalam bisnis, kemajuan perusahaan dapat dipercepat menuju arah yang lebih positif. Transformasi digital pada proses bisnis berpotensi memberikan berbagai keuntungan yang menjanjikan, termasuk aspek keuangan dan reputasi perusahaan.