Konsisten, Yoga Winanda Terapkan ROCKS sebagai Value Bekerja

Friday, 28 July 2023

PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan SISI, adalah perusahaan yang menyediakan produk serta layanan IT untuk kebutuhan digitalisasi bisnis. Dalam menghadapi tantangan bisnis di bidang ini, SISI meyakini bahwa pengembangan sumber daya manusia akan selalu menjadi prioritas dan menjadi kunci utama performa bisnis yang baik.

Hal ini dapat dilihat dari upaya SISI dalam membangun karakter karyawannya secara konsisten melalui etika kerja ROCKS (responsive, on-time, customer-focus, know-how, dan synergy). Dengan penerapan yang baik oleh karyawan, ROCKS juga diharapkan dapat menjadi nilai-nilai yang mencerminkan SISI di mata pihak luar. 

Salah satu karyawan SISI yang mengutamakan ROCKS dalam melakukan pekerjaannya adalah Yoga Winanda. Sebagai Commercial Account SISI, Yoga memiliki peran krusial dalam setiap project yang akan dijalankan oleh SISI. 

Pekerjaannya meliputi pengumpulan peluang yang potensial untuk dikonversikan menjadi PO (purchase order) melalui berbagai channel, seperti sales call atau link e-proc, mengikuti proses tender, melakukan koordinasi dengan departemen lain setelah berhasil mendapatkan project, hingga memonitor penagihan setiap project yang berhasil didapatkan. Kompleksnya pekerjaan Yoga tersebut tidak akan mudah dilakukan jika tidak dibarengi dengan etika kerja sebagai panduannya. 

 

Menurut Yoga, ROCKS bukan hanya sekadar etika kerja, melainkan sudah menjadi value kerja yang harus ditanamkan. Maka dari itu, penerapan ROCKS sudah familier bagi Yoga selama melakukan pekerjaannya. Berikut cara Yoga mengimplementasikan ROCKS: 


Responsive

Dalam bekerja, Yoga sering berinteraksi dengan customer maupun calon customer. Memberikan respons yang cepat dan baik kepada customer telah membantunya menjaga interaksi tersebut. Menjadi responsive juga berarti menjadi cepat tanggap dalam melakukan tugas.

Inilah yang dilakukan Yoga kepada sesama rekannya di SISI. “Setelah berbagai tahapan dilalui dan berhasil mendapatkan PO, akan ada koordinasi sesegara mungkin dengan Solution Architect dan Delivery Project untuk persiapan Kick-Off dengan customer agar berjalan sesuai rencana”, sambung Yoga.  

 

On-time 

Selama bekerja, Yoga terbiasa mengatur waktu dengan merangkum agenda kerjanya di to-do list task serta menerapkan skala prioritas, yaitu mengutamakan tugas yang memiliki urgensi paling tinggi terlebih dahulu sehingga setiap tugasnya dikerjakan tepat waktu. 

 

Customer focus

Penerapan customer-focus oleh Yoga dibuktikan dengan kemampuannya menjaga engagement yang baik dengan customer. Ia selalu berusaha memberikan solusi-solusi agar customer dapat memenuhi ekspektasi dari project yang dikerjakan.

 

Know-how

Sebelum mengikuti proses tender, Yoga kerap mencari tahu alur pengadaan pada pihak calon customer agar ia bisa lebih memahami kebutuhan dan kondisi customer. Yoga melanjutkan, “Hal ini biasa dilakukan melalui sales call, kemudian visit untuk menindaklanjuti kebutuhan customer. Saya juga terkadang riset dari document tender. Kalau masih ada yang belum jelas, nanti semuanya akan diklarifikasi saat tahapan aanwijzing”.

 

Synergy

Pekerjaan Yoga membuatnya banyak bekerja sama dengan departemen lain. “Unit sales banyak kerja sama sama departemen lain, seperti finance untuk penagihan, HC untuk dokumen yang sifatnya personalia, tim delivery untuk monitor tahapan seperti blue print dan go live”, ujar Yoga. 

Tak hanya untuk bekerja SISI, konsistensi menerapkan ROCKS ternyata juga berpengaruh pada keseharian Yoga. Salah satunya penerapan nilai sinergi. Terbiasa menerapkan nilai ini telah berdampak baik pada kebiasaan Yoga dalam bersosialisasi di sekitar lingkungan rumah. Contohnya, ia aktif berpartisipasi dalam organisasi kepemudaan bersama warga setempat. 

 

Yoga berharap, rekan-rekannya di SISI juga dapat mengimplementasikan ROCKS di mana pun dan kapan pun. Menanamkan nilai-nilai ROCKS sebagai work ethic oleh setiap karyawan SISI tentunya dapat memberikan dampak yang baik bagi diri karyawan itu sendiri secara khusus, dan bagi perusahaan secara umum.