Perencanaan dan Strategi, Apa Bedanya?

Monday, 30 January 2023

Sepintas perencanaan dan strategi terdengar sebagai dua hal yang mirip. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan dan memiliki definisi yang berbeda-beda. Strategi dan perencanaan seringkali disamakan karena sama-sama mencapai tujuan. Sebuah strategi dan rencana dibutuhkan dalam membuat maupun menentukan apa dan bagaimana langkah yang dilakukan guna mencapai sebuah tujuan. 

Yang dimaksud dengan strategi merupakan suatu gagasan ataupun ide demi tercapainya sebuah goals atau tujuan perusahaan. Adapun perencanaan sendiri dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah jangka panjang yang bersifat menyeluruh, atau biasa disebut dengan proses berpikir dalam menentukan bagaimana cara Anda dapat mencapai tujuan tersebut. Berikut ulasan lebih detail terkait perbedaannya:

 

Berdasarkan tujuannya

Dilihat dari tujuannya sendiri, rencana itu seperti peta yang akan digunakan sebagai sebuah panduan. Sementara itu strategi merupakan jalan yang membawa Anda ke tujuan yang ingin dicapai. 

Sebuah strategi cenderung dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan hasil yang ingin diperoleh. Sementara itu, jika rencana biasanya bersifat konstan dan tidak mudah berubah. Perencanaan berorientasi pada langkah-langkah dengan jangka waktu yang telah ditentukan, sedangkan strategi berorientasi pada tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

 

Implementasi keduanya

Dalam implementasi keduanya, sebenarnya sebuah strategi mengarah ke perencanaan dan perencanaan mengarah ke beberapa program. Secara sederhana strategi dipilih berdasarkan rencana terbaik diantara berbagai alternatif. Ini bertujuan strategi berisi tentang cara mencapai target yang diinginkan dan umumnya berupa kalimat atau paragraf singkat yang menjelaskan tujuan dan arah dari bisnis.

Sedangkan rencana sendiri adalah bagian dari proses manajerialnya. Di dalam rencana ini terdapat langkah-langkah untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil perusahaan sesuai dengan strategi dan tujuan awal. Sebagai gambaran, sebuah strategi menentukan apa yang harus dilakukan untuk bisa mencapai tujuan. Sedangkan dalam rencana sendiri Anda harus menentukan bagaimana untuk bisa melakukan atau menjalankan strategi tersebut. 

 

Hirarki

Jika dilihat berdasarkan hirarkinya, strategi umumnya dibuat oleh manajerial tingkat atas seperti direksi, CEO, dewan direktur, dan lainnya. Ini karena mereka mengetahui visi dan misi perusahaan dengan jelas sehingga mereka akan membuat beberapa point strategi untuk melangkah maju menuju misi dan visi yang telah ditetapkan. Mereka juga memiliki wewenang untuk membuat keputusan dalam perusahaan. 

Sedangkan rencana sendiri dibuat oleh manajerial tingkat menengah ke bawah, karena pelaksanaan operasional nantinya akan dilaksanakan oleh mereka dengan berbagai pertimbangan dari latar belakang dari berbagai unit kerja atau departemen. Biasanya mereka memiliki pemikiran yang lebih sistematis untuk menciptakan sebuah plan atau rencana.

 

Itu tadi beberapa perbedaan antara strategi dan rencana. Jangan sampai Anda melakukan perencanaan bisnis dengan tidak mempertimbangkan keduanya. Strategi dan rencana penting guna membantu pengembangan organisasi sehingga mencapai tujuan organisasi dan pemanfaatan sumber daya yang lebih optimal.