Tanamkan Budaya Inovasi yang Fokus pada Pelanggan

Friday, 31 March 2023

Inovasi kini telah menjadi bagian penting yang harus terus dilakukan untuk mengembangkan bisnis.  Proses inovasi lahir dari suatu ide, metode, alat, dan cara yang baru untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Pentingnya inovasi bisnis ini dilakukan agar perusahaan mampu bertahan, memiliki daya saing dan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang dihadapkan pada beragam pergolakan bisnis.

Bentuk inovasi dalam bisnis kini dapat kita temui dalam bentuk yang beragam, di antaranya melalui inovasi produk, sistem internal, atau perkembangan proses kerja, hingga pembentukan model bisnis. Agar inovasi dapat dilakukan dengan berkelanjutan, maka penting untuk sebuah bisnis menjadikan inovasi sebagai budaya kerja yang terstruktur. Ini bertujuan agar dapat meningkatkan pelayananan yang fokus terhadap pelanggan bisnis. Berikut beberapa tips menanamkan budaya inovasi:

 

Berpusat pada pelanggan

Pengalaman pelanggan merupakan aspek penting dalam dunia bisnis dan loyalitas pelanggan adalah impian setiap perusahaan. Akan tetapi tidak mudah untuk mendapatkan sebuah pengakuan atau pelanggan yang loyal. 

Melakukan inovasi baik dari segi produk maupun layanan yang berpusat pada pelanggan membuat pelanggan dapat bertahan terhadap produk dan layanan Anda. Melakukan inovasi ini, berarti memberikan nilai tambah terhadap suatu produk dan layanan yang perusahaan miliki sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini diharapkan akan mendatangkan apresiasi, sehingga bisa menarik minat lebih banyak audiens dan meningkatkan profit perusahaan. Menurut survei pada The Boston Consulting Group menyatakan bahwa 79% petinggi perusahaan menganggap inovasi sebagai salah satu dari tiga prioritas utama usaha mereka.

Contoh inovasi terstruktur yang berpusat pada pelanggan dan kini banyak dilakukan oleh perusahaan besar adalah perusahaan Gojek. Dalam kurun waktu yang tidak lama, layanan aplikasi Gojek tak hentinya melakukan inovasi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna. Bahkan saat ini pengguna disuguhkan dengan fitur “jadwalin pesananmu” untuk memudahkan pengguna tidak perlu mengatur pemesanan gojek kembali.

 

Memahami faktor keberhasilan inovasi

Jika menginginkan bisnis dapat bertahan lama, Anda sebaiknya memahami kondisi pelanggan dan mengikuti tren yang sedang terjadi. Pahami bahwa pasar atau publik yang menjadi target bisnis Anda akan selalu mengalami perubahan. 

Menjalankan bisnis dengan inovatif merupakan suatu keharusan dan menjadi faktor keberhasilan usaha karena akan menentukan apakah perusahaan mampu bersaing menghadapi kompetitor atau tidak. Terlebih, saat ini persaingan usaha semakin berat karena para pelaku bisnis mulai bisa menciptakan berbagai produk dan layanan berkualitas yang serupa. Memahami faktor keberhasilan inovasi yang Anda lakukan juga dapat membuat pembeli lebih setia terhadap produk Anda. Apalagi bila terdapat inovasi-inovasi unik sehingga mereka menganggapnya lebih baik dibanding kompetitor.

 

Memahami konsep kegagalan

Saat mencanangkan inovasi baru, sudah pasti Anda menginginkan terjadinya perubahan di dalam perusahaan. Sayangnya untuk melakukan inovasi tidak semua bisnis dapat sukses melakukannya. Sebagian gagal menciptakan produk inovasi atau layanan yang laku di pasaran. Namun pastikan Anda mengevaluasi perubahan tersebut untuk diukur sehingga Anda bisa tahu tingkat keberhasilan dari inovasi yang berkelanjutan nantinya.

Agar dapat menghindari kegagalan ini, Anda harus mampu melakukan perencanaan dengan matang sebelum membuat inovasi yang didistribusikan pada pelanggan. Semakin matang suatu rencana, makin sedikit pula peluang munculnya risiko dan kerugian akan semakin diminimalisir.

 

Itulah beberapa faktor keberhasilan budaya inovasi yang fokus pada pelanggan bisnis. Dari ulasan di atas dapat dipahami bahwa suksesnya suatu bisnis dapat dipengaruhi oleh minat pelanggan. Untuk itu upayakan melakukan beberapa pendekatan terhadap pelanggan yang sesuai. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan aplikasi FORCA CRM yang tidak hanya membantu memudahkan database penjualan, tetapi juga melakukan manajemen pelanggan dalam mendukung inovasi yang kamu lakukan dalam berbisnis. 

 

Menarik, kan? Pelajari lebih lengkap terkait aplikasi satu ini dan hubungi kami segera!