6 Tahun Berdedikasi, Erika Pratikna Gali Potensi Terbaik Diri dari Dinamika Pekerjaannya

Friday, 1 September 2023

Dedikasi karyawan merupakan sebuah petunjuk bahwa suatu perusahaan adalah tempat yang ideal untuk bekerja. Ini tercermin dari konsistensi dan motivasi karyawan dalam menjaga kinerjanya, serta bersedia bekerja di tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama. 

Hadir mewarnai dunia IT Indonesia selama 9 tahun, SISI dipenuhi dengan talenta berbakat yang profesional dan berdedikasi, salah satunya adalah Erika Praktina selaku System Management Officer SISI. Sudah bekerja selama 6 tahun, hampir seluruh karir profesional Erika dijalaninya bersama SISI. 

Erika telah memperkaya pengalamannya di berbagai bidang kerja di SISI, mulai dari Technical Writer & Project Control, Sales Admin & Control, hingga bermuara di posisinya saat ini, yaitu System Management Officer. Ketiga bidang kerja tersebut memiliki tupoksi yang cukup berbeda, yang kemudian menghadirkan dinamika tersendiri dalam karir Erika. 

Menurutnya, yang paling menantang adalah pekerjaannya saat ini. “Tantangannya ada pada scope pekerjaannya. Di pekerjaan saat ini scope-nya lebih luas, harus menguasai berbagai regulasi serta dokumen-dokumen perusahaan, hingga harus melakukan maintenance terhadap sistem DMS (Document Management System)”, ujar Erika.    

 

Krusialnya tugas dan tanggung jawab Erika sebagai System Management tentu tidak selalu berjalan mulus dari awal. Erika harus menempuh perjalanan panjang untuk berhasil bertahan dengan baik di pekerjaannya saat ini. Berikut dinamika yang dirasakan Erika selama berkarir di SISI:

  1. Scope kerja yang luas. 

Sebagai System Management Officer, Erika sehari-hari berkecimpung dengan berbagai dokumen sistem manajemen, seperti pedoman, prosedur, hingga instruksi kerja, serta dokumen business process dari masing-masing unit. Erika juga bertanggung jawab memonitoring closing hasil audit eksternal, melakukan gap analysis, dan berkoordinasi dengan BPO (Business Process Owner) dalam menyusun business process

  1. Tuntutan harus selalu up-to-date dengan kebutuhan bisnis

Untuk menyusun proses bisnis yang dapat membawa SISI ke level bisnis yang lebih tinggi, Erika dituntut untuk selalu up-to-date dan jeli dalam membaca kebutuhan bisnis SISI yang dinamis. 

“Harus sering mencari best practice. Lalu harus dipastikan apakah proses tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku”, tambah Erika.   

  1. Migrasi ke Jakarta

Tidak hanya berganti bidang pekerjaan, Erika juga sempat merasakan pergantian lokasi kerja SISI, dari Gresik ke Jakarta, yang membuatnya harus pindah dan melakukan banyak penyesuaian dengan lingkungan baru. Namun, tentu saja kondisi ini tidak menghalangi profesionalisme dan rasa dedikasi Erika.  

  1. Pengembangan diri dalam karir

Di tengah proses penyesuaian dengan pekerjaannya, Erika merasa banyak terbantu dengan fasilitas belajar yang disediakan oleh SISI. Di awal menjadi System Management Officer, SISI memfasilitasi training untuk membantunya menguasai bidang pekerjaan tersebut. Menurut Erika, SISI sebagai perusahaan IT selalu gencar dalam mengembangkan knowledge SDM-nya. 

 

Dinamika di atas diakui Erika membawa dirinya pada pengalaman dan ilmu yang berharga. Beberapa di antaranya:

  1. Kemampuan beradaptasi dan terus belajar 

Saat awal mengemban tanggung jawab di System Management, Erika sempat merasa belum terlalu familiar dengan tupoksinya. Namun, hal tersebut teratasi dengan baik dan membuatnya meyakini bahwa kemauan beradaptasi serta belajar adalah kuncinya. 

Kini, Erika selalu mencari referensi terkait kebutuhan bisnis. Ia juga sering berdiskusi dengan BPO secara dua arah untuk menghasilkan business process yang terbaik. Erika mengatakan, “Kalau enggan belajar secara mandiri tentu akan kesulitan mengikuti perubahan. Apalagi di pekerjaan ini banyak berhubungan dengan peraturan eksternal maupun internal yang perubahannya cukup dinamis.”, imbuhnya.   

  1. Kemampuan berpikir dan berdiskusi secara terbuka

Dalam pengelolaan business process perusahaan, tentu dibutuhkan kerja sama dan brainstorming dengan tim. Proses pengumpulan gagasan inilah yang mengasah kemampuan Erika dalam menerima gagasan dari rekan setimnya. Menurutnya, ini penting untuk memperoleh hasil yang baik dan menghindari proses yang panjang. 

  1. Detail oriented

Kemampuan mengintegrasikan business process secara menyeluruh adalah salah satu skill yang diperlukan oleh seorang pengelola business process perusahaan. Untuk menjalankan tugas tersebut, pemikiran yang mendetail sangat dibutuhkan.

 

Meski melalui berbagai dinamika, Erika tetap berdedikasi dan menjunjung tinggi loyalitasnya kepada SISI. Erika meyakini, dengan sikap dan pemikiran tersebut, seseorang dapat memberikan kontribusi yang optimal dan secara personal dapat lebih bahagia dengan pekerjaannya.