5 Cara Terhindar Dari Serangan Formjacking, Si Pencuri Data Payment

Friday, 24 July 2020

Serangan formjacking berupa pembobolan data login dan registrasi data payment saat ini kembali marak. Kebanyakan dari para hacker menyusup ke aplikasi untuk mencegat pengguna melakukan input data ketika akan mengisikan login dan password. Yang menjadi incaran hacker tentu saja data yang memiliki manfaat ekonomi, yaitu data terkait pembayaran online para korban.

Sebenarnya fitur aplikasi dimaksudkan untuk menambah kenyamanan pengguna aplikasi. Namun rupanya para hacker menggunakan celah ini dengan menggunakan filosofi semakin nyaman, maka semakin tidak aman. Agar terhindar dari hal-hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar privasi Anda tetap aman, berikut beberapa tipsnya:

  1. Hati-hati pada aplikasi dengan deskripsi menjanjikan

Hindari aplikasi yang terlalu banyak menjanjikan fitur-fitur bagus namun tak wajar. Misalnya saja, beragam aplikasi yang mengklaim bisa memberikan mata uang dalam game gratis, atau contoh lain akan menawarkan melalui aplikasi yang akan membuat Anda unggul dalam game padahal sebenarnya mereka akan menipu dan meretas.

  1. Jangan install aplikasi yang meminta banyak perizinan

Banyak aplikasi saat ini meminta izin untuk mengakses sensor yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Banyak dari mereka bahkan akan meminta izin untuk mengakses semua sensor ponsel. Berkat data yang dikumpulkan oleh sensor ini, ponsel akan tahu beberapa hal tentang Anda. Metode yang paling umum untuk mencapai ini adalah dengan aplikasi yang meminta izin secara berkelompok.

Namun kalian bisa mengantisipasinya dengan melakukan sedikit pengamanan ketika akan download aplikasi. Jika aplikasi meminta izin penggunaan yang terlalu banyak atau mencurigakan, seperti perlunya akses telepon untuk aplikasi kalkulator, maka anda harus patut waspada

  1. Hindari aplikasi dengan skor rendah atau unduhan rendah

Salah satu cara yang lebih baik untuk mendeteksi aplikasi buruk adalah memeriksa ulasan pengguna. Dengan banyaknya ulasan ini, Anda bisa mengetahui respon pengguna setelah melakukan download dan menggunakan aplikasi.

Selain itu jangan lupa juga periksa skor ratingnya. Jika memiliki kurang dari empat bintang dan Anda memiliki pertanyaan tentang legitimasi, cukup hindari aplikasi. Luangkan waktu untuk memeriksa beberapa pengulas. Jika menemukan keluhan yang mengkhawatirkan pada beberapa halaman pertama, itu tandanya Anda harus mengurungkan niat menginstal aplikasi.

Jika masih ragu tentang aplikasi tersebut, lihat detail aplikasi dan lihat apakah pengembang telah membuat aplikasi lain. Jika sudah, biasanya akan ada bagian yang dilabeli dengan nama pengembang beserta daftar semua aplikasi yang mereka buat. Periksa masing-masing dan lihat peringkat dan unduhan. Jika aplikasi mereka yang lain memiliki skor dan peringkat yang sama rendahnya, Anda mungkin harus menghindari menggunakan salah satu aplikasi mereka.

  1. Hindari aplikasi yang dibanjiri iklan

Langkah keempat, cukup hindari aplikasi yang membanjiri Anda dengan iklan. Aplikasi yang dibanjiri begitu banyak iklan seringkali membuat fungsi dasarnya terhambat. Cara cepat untuk mengetahui suatu aplikasi mengandung iklan adalah dengan memilih melihat detail aplikasi. Jika berisi iklan, label “Berisi Iklan” atau “Contains Ads” akan tercantum tepat di bawah rentang usia yang disarankan untuk aplikasi.

  1. Jauhi aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal

Fitur-fitur yang rentan biasanya justru disediakan oleh pihak ketiga, bukan dari pengembang aplikasi itu sendiri. Tips riset bagus lainnya adalah membaca pihak yang mengembangkan aplikasi tersebut. Ada sejumlah aplikasi di Play Store yang mencoba menipu dengan meyakinkan bahwa mereka adalah aplikasi yang berbeda dan lebih terkenal. Pengembang ini sering mencitrakan dirinya sebagai pengembang yang sudah terkenal.

Mereka akan menyalin ikon, logo, bahkan menggambarkan aplikasi dengan cara yang mirip dengan versi aplikasi yang sebenarnya. Namun, karena mereka tidak dapat mereplikasi nama, Anda biasanya dapat mengetahui mana yang asli dengan membaca nama pengembang. Perhatikan nama pengembang dengan benar dan pastikan pengembang tersebut adalah pengembang resmi dan terpercaya.