Tingkatkan Kualitas Proses Bisnis dengan Standarisasi Katalog Material

Monday, 20 July 2020

Baru-baru ini SISI bersama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melakukan Kick Off Standarisasi Katalog Material pada Selasa, 7 Juli 2020 di Ruang Gedung Rancang Bangun lantai 2, Gresik dan melalui video conference. Pada standarisasi katalog ini nantinya akan tersedia daftar produk yang akan digunakan sebagai daftar permintaan ketika pengguna melakukan permintaan layanan jasa/produk. Setiap produk yang terdaftar dalam sistem memiliki single material number dengan detail informasi yang lengkap.

Menurut Heru Firmansyah selaku Project Manager SISI mengatakan, “Nantinya kita akan memfasilitasi pengguna yang setiap kali akan melakukan permintaan pengadaan jasa/barang, sehingga dapat langsung memilih daftar material yang telah tersedia.”

Sebagai langkah continuous improvement dan dalam rangka menciptakan supply chain management yang baik, pengembangan ini dilakukan guna peningkatan kualitas proses bisnis melalui tatanan master data material yang standar, jelas, dan tidak terduplikasi. Adapun jenis materialnya dikelompokkan menjadi 3 yakni material mekanikal, material elektrikal, dan material instrumental.

Standarisasi katalog material ini dimulai dari fase awal yakni cleansing material, migrasi dan pengelolaan dampak yang ditimbulkan kemudian ke fase lanjutan yakni preventive dengan menyediakan tools/aplikasi yang membantu untuk menjaga konsistensi penamaan material dan tidak terjadi duplikasi. Keseluruhan tahapan ini direncanakan akan selesai pada pertengahan bulan Februari tahun mendatang.