Forum Ekselen BUMN Gandeng SISI Kerja Sama Optimalkan Kriteria Penilaian Kinerja Unggul

Monday, 27 July 2020

Kriteria penilaian kinerja unggul atau biasa disebut KPKU merupakan hal yang penting bagi BUMN karena memberikan pengaruh besar dalam jaminan atas proses bisnisnya. KPKU sebagai salah satu strategi inisiatif Kementerian BUMN dalam upaya untuk meningkatkan peran strategis BUMN dan sekaligus meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hingga saat ini juga telah ditetapkan bahwa Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) wajib dilaksanakan oleh seluruh BUMN melalui kegiatan asesmen yang diselenggarakan oleh Forum Ekselen BUMN (FEB). 

Dalam kegiatan asesmen, peran teknologi informasi menjadi sangat strategis bagi keberlangsungan proses penilaian KPKU. Digitalisasi saat ini dibutuhkan untuk menyediakan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan asesmen yang tadinya cukup menyita waktu karena diproses secara manual. Mengatasi kebutuhan tersebut, Forum Ekselen BUMN (FEB) telah menggandeng SISI untuk melakukan digitalisasi melalui pengembangan aplikasi Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU).

Pengembangan aplikasi KPKU ini nantinya akan memudahkan asesor dalam melakukan penilaian terhadap proses bisnis BUMN yang berada di seluruh Indonesia. Dalam hal ini asesor akan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap efisiensi dan efektivitas operasional kerja seluruh BUMN. Melalui aplikasi KPKU, beberapa orang yang tergabung menjadi asesor juga dapat saling berkolaborasi dengan lebih mudah.

Aplikasi KPKU ini juga dirancang khusus untuk membantu memastikan ketaatan terhadap kebijakan yang diberlakukan di lingkungan kerja BUMN dapat terlaksana dengan baik melalui dokumentasi yang lengkap. Penggunaan aplikasi KPKU diharapkan dapat memudahkan seluruh pihak dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dengan cara lebih cepat, tepat dan efisien. Dengan demikian asesor dan BUMN dapat segera mengetahui hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan untuk memberikan performa yang baik.

“Kita menyambut baik kerjasama ini sebagai bagian dari dukungan melalui teknologi. Tentunya kami berharap penggunaan layanan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan serta dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi yang bertujuan untuk perbaikan manajemen organisasi BUMN di masa mendatang,” jelas Aris Eko Priyanto selaku Solution Architect SISI.