5 Rekomendasi Platform Digital Nonton Konser Virtual

Friday, 9 October 2020

Meskipun pandemi belum kunjung usai, namun panggung-panggung musik telah kembali melantang. Beradaptasi dengan tren konser virtual, beberapa waktu terakhir acara musik banyak disiarkan langsung di internet. Penampilan musisi sampai ke ruang-ruang pribadi penontonnya melalui berbagai macam digital platform.

Dalam menonton konser secara virtual, ada beberapa opsi pilihan digital platform yang bisa Sobat nikmati. Masing-masing digital platform ini tentu memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Lantas apa saja pilihan digital platform tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

  1. Facebook Live

Setiap hari, para musisi dan influencer lainnya menggunakan platform Facebook Live untuk berbagi dan terhubung dengan penggemar mereka. Platform ini dapat membawa penggemar ke belakang layar dan menjadi lebih dekat, misalnya saja dalam menonton konser secara real time. Setelah siaran berakhir, video yang disiarkan melalui Facebook Live juga dapat dipublikasikan ke profil atau halaman penggunanya, sehingga penggemar yang melewatkannya tayangan langsungnya dapat menonton di lain waktu. Facebook bisa dibilang fleksibel dalam memungkinkan para musisi untuk menggunakan berbagai pilihan kamera dan audio sehingga konser virtual pun tak kalah menakjubkan.

  1. Youtube Live

YouTube Live adalah salah satu platform live streaming yang paling banyak digunakan oleh para musisi. Dengan YouTube Live, biasanya para musisi akan mengintegrasikan video ke social media mereka seperti Facebook. Beberapa acara konser online yang sudah pernah menggunakan Youtube Live antara lain konser online ONE OK ROCK dan BTS. Sayangnya, pada Youtube Live hanya akun official yang bisa menampilkan acara virtual konser. Hal ini tentunya berkaitan dengan hak cipta, ya.

  1. Instagram Live

Instagram Live adalah platform live streaming yang juga banyak digunakan musisi. Dengan dirilisnya Instagram Stories dan IGTV, platform ini memang menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai pasar video mobile yang gratis. Beberapa musisi juga ada yang melakukan live stream melalui Instagram dalam mini konsernya. Instagram Live juga memiliki fitur untuk menyimpan video setelah melakukan tayangan langsung atau posting ke IGTV dan Instagram Stories.

  1. Livestream

Livestream mungkin saat ini banyak mendominasi pasar dalam penyiaran video langsung baik di Indonesia maupun mancanegara. Livestream saat ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Kebanyakan para musisi yang akan melakukan konser virtual melalui Livestream ini menggunakannya dengan didukung alat profesional seperti kamera video dan webcam kelas atas sehingga tampak lebih nyata.

Livestream juga menyediakan fitur notifikasi ketika akun yang Anda ikuti ditayangkan. Selama siaran langsung, musisi dapat mengunggah gambar atau text posting yang memberikan informasi tentang acara dan mengizinkan komentar penonton tampil di Livestream tersebut.

  1. StreamNow

StreamNow saat ini juga cukup menarik untuk sistem operasi iOS dan Android dalam menonton konser virtual. Aplikasi ini memungkinkan bagi para musisi untuk memonetisasi siaran langsungnya dengan menggunakan model bisnis berlangganan. 

Setelah pengguna mendaftar aplikasi, pengguna perlu membayar biaya bulanan, tahunan atau per sesi. Misalnya, jika sesi live streaming salah satu musisi yang diminati menggunakan manajemen jam, pengguna dapat membayar per sesinya. Namun, untuk mengatasi kesulitan pembayaran, StreamNow telah membangun gateway pembayaran PayPal di mana pembayaran diproses secara global. Mirip dengan Livestream, StreamNow juga menawarkan sistem komentar yang dapat meningkatkan keterlibatan sosial penonton lebih banyak lagi.

 

Beberapa platform digital ini menjadi media yang sangat efektif dalam mempertemukan musisi dan para penggemarnya di masa pandemi. Dan bagi sebagian masyarakat yang mungkin jenuh dalam menjalani aktivitas di rumah saja konser virtual  ini tentunya dapat menjadi alternatif hiburan. Banyak pilihan digital platform untuk menyaksikan konser virtual, ada yang berbayar dan tentunya banyak juga yang gratis. Bagi Sobat, platform digital manakah yang paling cocok untuk menonton konser virtual?