Aduh WFH Bikin Makin Jenuh Dan Stres, Coba Cara Ini Yuk

Friday, 5 June 2020

Virus Corona penyebab Covid-19 semakin menakutkan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menetapkan virus ini sebagai pandemi karena penyebarannya yang masif. Tingginya angka persebaran Covid-19 menggencarkan kampanye Work From Home (WFH) yang bertujuan mengurangi aktivitas di luar rumah guna mengurangi penyebaran virus tersebut. Namun terlalu lama aktivitas yang dilakukan di rumah utamanya bekerja, mungkin sudah mulai bosan dan jenuh.

Apalagi bagi sebagian orang yang biasanya menghabiskan waktu dengan pergi nongkrong entah ke kafe atau bioskop, perlu tips khusus agar dapat melakukan WFH tak merasakan bosan atau kesepian. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosan, jenuh dan kesepian ketika melakukan WFH selama pandemi Covid-19. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1.       Atur jadwal rutinitas

Buat jadwal harian dan tuliskan di ponsel atau catat di kertas, kemudian tempel di tempat yang terlihat. Buat daftar tugas terperinci yang dipecah menjadi beberapa kategori berdasarkan kepentingan.

Selain menyiapkan rencana kerja, rencanakan menyiapkan makanan dan camilan seperti pada awal minggu atau hari kerja. Cara ini efektif untuk melupakan rasa bosan dan kelaparan. Pilih makanan yang bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan. Batasi asupan karbohidrat dan minuman manis agar tidak mudah mengantuk.

  1.       Dengarkan lagu favorit

Mengusir bosan saat WFH bisa dilakukan dengan memutar lagu favorit. Jika di kantor perlu menggunakan headset agar tak mengganggu teman sebelah, ketika di rumah atau kos tak butuh itu. Sembari mendengarkan lagu pun kita bisa bernyanyi sesuka hati. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan, apalagi sampai mengganggu tetangga.

  1.       Bermain game

Bermain game bisa menjadi kegiatan yang pas ketika mulai bosan menjalani WFH. Kamu bisa menyelesaikan game dengan durasi permainan pendek. Namun, perlu diingat sebaiknya tetap mengontrol durasi bermain game saat jam kerja. Sering kali, para gamers terlena dan meninggalkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

  1.       Sering bergerak

Jika membuat ruang kerja seluler bisa membantu untuk konsentrasi dan mengurangi kebosanan, siapkan beberapa ruang di rumah untuk bekerja. Ini dapat membantu postur tubuh karena akan mengubah posisi duduk. Pastikan ruang kerja ergonomis, karena akan menghilangkan faktor risiko yang mengarah pada cedera muskuloskeletal dan memungkinkan peningkatan kinerja dan produktivitas. Bekerja sambil duduk di sofa yang nyaman atau tempat tidur adalah cara yang bagus, mengetik di laptop dalam waktu yang lama bisa membuat punggung atau leher menjadi tegang dan stress.

  1.       Jangan lupa beristirahat

Meluangkan waktu untuk istirahat adalah penting untuk membantu mengelola stres. Beri waktu untuk berkonsentrasi pada hal lain sehingga bisa membuat lebih fokus ketika kembali bekerja. Bahkan jika itu hanya 5 atau 10 menit setiap jamnya, karena dapat sangat membantu produktivitas kerja