Akun Sosial Media Anda Diretas? Begini Cara Mengatasinya

Friday, 27 November 2020

Sosial media Anda kena hack? Tentu bukan pengalaman yang menyenangkan ya. Hacking atau biasa dikenal dengan peretasan merupakan tindakan orang lain untuk menguasai akun sosial media seseorang untuk tujuan tertentu. Biasanya hal pertama yang dilakukan peretas adalah mengubah kata sandi, mengunci data diri korban, dan mendapatkan kendali penuh atas akun yang telah dicuri.

Jika hal ini terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

 

  • Setel ulang kata sandi

Jika Anda bertindak dengan cepat, peretas mungkin belum memiliki banyak waktu untuk mengambil alih akun sosial media yang diretas. Maka dari itu, coba atur ulang kata sandi pada akun Anda yang diretas tersebut. Bisa jadi masih ada peluang Anda untuk mengubahnya kembali.

 

  • Beritahu orang sekitar

Komunikasikan dengan orang sekitar dan umumkan melalui sosial media lainnya jika akun Anda sedang diretas seseorang. Tujuannya agar saudara, kerabat, atau sahabat mengetahui kondisi Anda dan tak menjadi korban penipuan lantaran akun sosial media Anda yang diretas. Kerap terjadi jika akun seseorang diretas, mereka tidak segan untuk melakukan permintaan uang tunai dengan alasan keadaan darurat.

 

  • Hubungi bank atau layanan keuangan sejenis

Jika peretas telah membobol akun yang berinteraksi dengan sistem pembayaran atau akun dengan kartu kredit yang Anda miliki, sebaiknya segera hubungi layanan bank atau jasa keuangan tersebut. Sampaikan jika Anda sedang mengalami peretasan akun. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sesuatu yang merugikan keuangan Anda.

 

  • Coba masuk dari akun lain

Cobalah masuk ke layanan tersebut dan putuskan tautannya dari akun yang telah diretas dengan mengubah password atau otorisasi untuk masuk ke akun yang terhubung.

 

  • Ingat daftar layanan yang terhubung dengan akun

Coba buat daftar layanan terpenting terkait dengan akun yang diretas. Ingat kembali seluruh layanan yang Anda masukan menggunakan akun tersebut dan seluruh layanan yang mengirim email pengaturan ulang kata sandi ke akun tersebut.

 

  • Ubah kata sandi akun sosmed lain yang sama

Tidak menutup kemungkinan peretas akan mencoba masuk melalui akun sosial media Anda yang lainnya. Ubah semua password akun Anda lainnya yang memiliki kata sandi serupa dengan akun yang dibobol peretas, sehingga akun lainnya bisa terselamatkan.

 

  • Hubungi dukungan layanan akun

Hubungi dukungan layanan akun yang terkait. Lihat instruksi sesuai dengan akun Anda yang diretas untuk Facebook, Google, Instagram, dan Twitter sesuai dengan panduan masing-masing sosial media. Kemudian coba pulihkan akses ke akun yang terpengaruh.

 

 

Tak sedikit layanan online yang memperingati penggunanya, apabila akun mereka ada aktivitas mencurigakan. Tindakan tersebut mungkin termasuk mengubah kata sandi, menautkan nomor telepon atau alamat email baru ke akun, dan masuk dari perangkat atau lokasi baru. Jika sudah terjadi, segera bertindak secara aktif untuk menyelamatkan akun Anda dengan beberapa cara diatas. Semoga berhasil!