Berbagi Wawasan Tentang Pemanfaatan Active Directory

Friday, 12 March 2021

Dalam rangka meningkatkan kompetensi karyawan dalam bidang pengembangan teknologi, departemen Digital Service SISI kembali menyelenggarakan kegiatan rutin sharing knowledge dengan tema Active Directory yang dilangsungkan melalui video conference (5/3). Active Directory sendiri sudah dikenal sebagai directory service yang menyimpan konfigurasi jaringan baik user, group, komputer, hardware, serta berbagai policy keamanan dalam satu database terpusat. 

Kegiatan sharing ini diikuti oleh karyawan SISI dari berbagai site meliputi karyawan dari Jakarta, Gresik, Rembang, Tuban, Tonasa, dan Padang. Asyhari Hidayat selaku Senior Engineer SISI yang menjadi pemateri pada kegiatan sharing kali ini menjelaskan bahwa topik ini sangat menarik karena membahas tentang bagaimana cara kerja dan pemanfaatan dari Active Directory. “Kita bisa melihat keuntungan ketika menggunakan Active Directory, di mana semua sarana tersedia untuk melakukan administrasi jaringan secara terpusat baik di level domain maupun lintas domain, selama antar domain tersebut masih berada dalam satu forest.” 

Lebih lanjut Ashary mengatakan, penting bagi perusahaan untuk menerapkan teknologi ini, karena sangat kompatibel dengan berbagai macam teknologi standar dan protokol, sehingga penggunaan Active Directory dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan teknologi lainnya. Diharapkan melalui kegiatan sharing knowledge ini dapat memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi bagi Sobat SISI.