Cerita Dito, Jebolan Talent Recruitment SISI Jadi Project Manager

Friday, 13 November 2020

Mengemban tugas sebagai seorang project manager bagi Randito Ananda Pratama -yang biasa dipanggil Dito- menjadi pengalaman tersendiri baginya. Berawal dari ketika dirinya mengambil konsentrasi studi IT Governance – Sistem Informasi di Universitas Dinamika, telah membawanya menjadi Project Manager melalui program Talent Recruitment SISI. Selama kurang lebih 3 bulan pada tahun 2019 lalu, Dito menjalani masa pelatihan Talent Recruitment sebagai project manager

Melalui sambungan telepon kemarin, Dito mulai bercerita mengenai tugas barunya sebagai project manager. Menurut Dito ada tantangan tersendiri ketika dirinya menempati posisi tersebut. “Aku rasa aku harus keluar dari zona nyaman. Aku cenderung kurang suka merepotkan orang lain dalam aktivitas, namun dengan menjadi project manager, Aku harus bekerjasama dan mengelola tim agar proyek dapat selesai sesuai rencana,” ungkap Dito.

Tak dapat dipungkiri jika Dito juga mengamini bahwa project manager seringkali dianggap menempati posisi yang krusial, pasalnya project manager inilah yang nantinya akan menjadi tumpuan berhasil atau tidaknya suatu proyek. Namun untuk urusan kali ini Dito punya tips khusus. Baginya sebagai project manager tidak hanya mengetahui target atau tujuan dari proyek tersebut, tetapi juga harus dapat memahami orang yang membangun proyek. Istilahnya dapat membaca keadaan dari orang yang mengerjakannya. Dengan mengetahuinya, kekurangan dalam tim dapat dicarikan jalan solusi dan memudahkan Dito bersama tim dalam menjalankan proyek.

Selama kurang lebih setahun bergabung di SISI, momen tekanan dalam menghadapi  pekerjaan beberapa waktu lalu jadi hal yang sangat diingat Dito. “Waktu itu kerasa banget gimana kita harus putar otak untuk mencari solusi. Tapi ibarat naik bus, turunlah dengan hati-hati dan tetap tenang, fokus pada tujuan, dan bersiaplah untuk mengambil langkah-langkah yang dapat menyelesaikan pekerjaan,” lanjut Dito.

Ketika ditanya mengenai tips bagi Sobat SISI yang juga berminat untuk menjadi seorang project manager, dirinya membocorkan sedikit mengenai behavior yang harus dimiliki oleh seorang project manager. “Intinya adalah kita harus berani speak up, karena bagaimana kita bisa mengetahui kondisi tim dan informasi proyek kalau seandainya kita diam-diam saja. Selain itu kita juga harus mampu memahami gaya komunikasi masing-masing anggota tim. Karena keberhasilan proyek tentunya menjadi PR bagi tim, sehingga perlu adanya komunikasi yang baik,” terangnya.