Dani Indra Kurniawan, Maksimalkan Produktivitas sebagai Solution Architect

Friday, 25 August 2023

Bukan rahasia lagi bahwa pada abad ini adalah era digital penuh inovasi. Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam bisnis. Kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat berdampak pada perubahan cara hidup yang dilakoni masyarakat saat ini.

Jika dulu teknologi digital hanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang bisnis digital, kini hampir seluruh sektor bisnis bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Selaras juga dengan yang dilakukan oleh Dani Indra Kurniawan atau biasa disapa Dani selaku Solution Architect di SISI. Hadirnya teknologi dalam kehidupan sekitar, tentu membawa berbagai perubahan termasuk memodifikasi cara bekerja. 

 

Beberapa implementasi teknologi yang digunakan oleh Dani Indra Kurniawan dalam memaksimalkan produktivitas kerja di antaranya:

  • Berkomunikasi dengan lebih efektif

Sadar bahwa tugas utamanya adalah menjawab problem bisnis yang spesifik, baik itu problem teknis hingga commercial. Sehingga dirinya perlu berkomunikasi dengan banyak orang. Bahkan Dani juga dituntut berdialog dengan klien dalam bahasa bisnis, manajer dari semua level, pakar analisa bisnis, dan developer untuk mengetahui requirement yang diminta oleh pelanggan.

Keberadaan teknologi FORCA CRM mampu membantu dirinya dalam mengkomunikasikan berbagai hal ke bagian commercial account SISI. Mulai desain engineering dan menjelaskan deskripsi solusinya, sampai dengan bagaimana solusi yg ditawarkan bisa terdokumentasi dengan baik pada aplikasi ini..

  • Berikan pelayanan yang lebih baik

Membuat arsitektur yang tepat untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan hanyalah sebagian dari tanggung jawab seorang solution architect. Dani juga menyadari bahwa mengemban pekerjaan ini juga harus mampu mengontrol waktu, kualitas kerja tim, hingga memberikan masukan yang diperlukan untuk pemilihan tools dan environment.

Teknologi melalui internet telah menjadi cara terbaik untuk menghubungkan beberapa orang untuk saling terhubung. Aplikasi FORCA ERP dapat membantu Dani dalam mencari data-data project sebelumnya untuk dijadikan referensi dalam penentuan arsitektur project yang tepat. Sehingga Dani merasa dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat pada pelanggan. Dengan waktu yang tepat sesuai permintaan ini akan membantu perusahaan dalam membangun kepercayaan dengan pelanggan yang lebih baik.

  • Tingkatkan produktivitas

Peranan teknologi digital dalam bisnis telah membawa kemudahan dalam implementasi operasional bisnis. Manfaat teknologi digital yang tersedia seperti aplikasi FORCA ERP, FORCA CRM dapat membantu dirinya mempercepat arus informasi sehingga menciptakan jaringan komunikasi yang lebih luas.

Kemampuan kolaborasi FORCA CRM dan FORCA ERP ini bisa dimanfaatkan oleh Dani dalam melakukan tugasnya untuk mengidentifikasi business requirements dari stakeholder proyek. Dirinya juga mampu memilih arsitektur sistem dan masing-masing komponen dari sistem ini di high-level dengan lebih mudah. Sehingga produktivitas kerja yang dilakukan jauh lebih meningkat.

  • Membangun tingkat keamanan dalam mengelola informasi bisnis

Sebagai seorang solution architect, Dani tentu memiliki pengetahuan teknik yang luas dan mendalam. Namun tidak hanya itu dirinya harus  memiliki pemahaman yang baik tidak hanya dalam bidang teknologi, tetapi juga hal lain seperti bisnis. 

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, dirinya harus mampu memilihkan teknologi yang tepat dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dari solusi yang ditawarkan SISI untuk diimplementasikan di perusahaan klien. Dani juga harus berupaya menciptakan standar development terpadu dengan bantuan referensi berbagai informasi mengenai suatu aplikasi, history pelanggan dan lainnya yang telah tersedia dalam aplikasi FORCA CRM.

“Pekerjaan ini dipenuhi dengan tuntutan yang berubah dengan cepat, stakeholders yang memiliki latar belakang berbeda, dan kultur bisnis yang beragam. Sehingga teknologi digital memegang peranan penting dalam setiap perencanaan bisnis yang dihadirkan oleh solution architect,” ujar Dani Indra Kurniawan.

 

Tren bisnis dan perkembangan teknologi di era digital menghadapkan pemilik perusahaan pada iklim kompetitif yang dinamis. Kehadiran solution architect yang ditunjang dengan keberadaan teknologi saat ini mampu bertindak sebagai koneksi antara perusahaan dengan beberapa sistem yang menunjang produktivitas.