Gemari Hal Baru, Cerita Zarkasy Belajar Keluar Dari Zona Nyaman

Friday, 4 August 2023

Era digital telah mengubah banyak hal, tak terkecuali pada cara belajar dan bekerja. Saat ini semua hal dapat dipelajari dengan mudah melalui banyak sumber secara digital. Belajar di era digital kini dapat menjadi suatu investasi untuk masa depan seseorang yang ditentukan dari kualitas pengetahuan dan kecakapannya. Tak terkecuali pada apa yang dilakukan oleh Zarkasy Mochammad Noor yang saat ini menjadi menjadi Pgs. Manager Legal & Management System SISI.

Lulus dari D3 Teknik Energi Listrik dan S1 Teknologi Informatika tak membuatnya jumawa terhadap ilmu dan wawasan yang ia miliki. Ia sadar bahwa setiap individu mampu memperluas minat yang ingin dikuasai tergantung niat dari masing-masing. Saat ditemui awak SISI beberapa waktu lalu, dirinya banyak bercerita tentang perjalanan karirnya hingga saat ini ia menggeluti bidang tata kelola perusahaan.

“Pengalaman merupakan penerapan teori dan pengetahuan yang sudah didapatkan lewat pembelajaran entah itu formal atau non formal. Kalau saya pribadi merasa kita harus memiliki inisiatif dulu untuk memperluas pengetahuan dan terus mengasah pengalaman yang dimiliki sehingga dapat mencapai apa yang diinginkan,” ujar Zarkasy.

Mengawali karir sebagai programer kemudian sempat ditempatkan pada Document Controller Business Process di salah satu perusahaan, dirinya secara otodidak belajar berbagai proses bisnis dalam sistem pengelolaan perusahaan. Zarkasy banyak bercerita mengenai apa saja yang dipelajari mengenai tata kelola perusahaan mulai dari sistem manajemen kualitas produk dan layanan, sistem manajemen keamanan informasi, hukum, hingga manajemen risiko perusahan. 

Ketertarikannya mempelajari berbagai hal terkait tata kelola perusahaan diinisiasi karena memahami pentingnya sebuah sistem pengelolaan perusahaan sesuai dengan best practice serta regulasi. Hal tersebut menjadi salah satu bagian kontrol bagi operasional bisnis atas risiko-risiko yang ada. Jika risiko tersebut terjadi, bisa dipastikan akan berdampak pada operasional perusahaan yang dapat mengganggu pencapaian sasaran,  bahkan sampai ke risiko paling ekstrim yaitu kebangkrutan. “Saya tertarik melihat permasalahan risiko dalam perkembangan bisnis. Risiko bisnis merupakan situasi yang tidak dikehendaki oleh para pelaku bisnis, namun risiko sendiri tidak bisa dihindarkan,” lanjutnya.

Kini Zarkasy menyadari bahwa banyak sekali keuntungan yang diperoleh ketika dirinya mempelajari sesuatu di luar latar belakang pendidikannya. Salah satu keuntungan besar yang ia rasakan yakni dapat menunjang karirnya saat ini. Dirinya menyadari bahwa tanggung jawabnya saat ini dalam mengelola legal dan management system tidak terlepas dari prosesnya belajar dan keluar dari zona nyaman. Apabila kita tidak mau belajar mengikuti perkembangaan dan pembaruan yang ada di industri, maka kita akan tertinggal.

Mengutip quote dari bapak Albert Einsten, “Once you stop learning, you start dying.” Jadi selama masih hidup, jangan pernah patah semangat untuk terus belajar,” imbuh Zarkasy sambil tersenyum.