Implementasi Strategi Bisnis yang Efektif, Berikut Langkah-langkahnya

Thursday, 3 August 2023

Dewasa ini persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih unggul dari kompetitor. Dalam menciptakan keunggulan yang kompetitif, dibutuhkan strategi bisnis yang dapat memberikan nilai tambah pada organisasi.

Strategi bisnis merupakan sebuah tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh perusahaan untuk mencapai target dan tujuan bisnisnya. Melalui strategi bisnis, perusahaan dapat menguraikan proses bisnis untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan. 

Tujuan bisnis tanpa strategi hanya akan menjadi ide yang berakhir di meja saja. Perusahaan yang memiliki strategi bisnis dengan baik akan lebih cepat mencapai kesuksesan daripada perusahaan yang tidak memiliki, atau bahkan tidak melakukan perencanaan bisnis.

 

Dalam kaitannya dengan era teknologi saat ini, kemajuan teknologi yang begitu besar telah mempengaruhi strategi bisnis yang menjanjikan. Salah satu hal yang dapat kita lihat saat ini adalah peluang strategi bisnis pemasaran melalui sosial media seperti Tiktok, Facebook, dan lain sebagainya. Namun apabila Anda masih bingung dari mana mulainya, berikut beberapa langkah penentuan strategis bisnis yang efektif:

  1. Membentuk visi strategis arah organisasi

Setiap bisnis tentu harus memiliki visi yang jelas. Agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan ataupun yang sedang berjalan tetap berada di jalur yang benar, membentuk visi strategis arah organisasi penting dilakukan guna sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. Strategi bisnis juga bertujuan sebagai pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang sebelumnya sudah dibuat.

Menetapkan tujuan dalam berbisnis merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki, agar dalam berbisnis Anda memiliki fokus pada target dan prioritas Anda. Hal ini akan mengubah pandangan strategis Anda menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai organisasi.

  1. Mengumpulkan informasi dan menganalisa

Mungkin dibenak kita selalu bertanya-tanya informasi apa saja yang dibutuhkan dalam membuat strategi bisnis? Apabila visi telah dibuat saatnya Anda menghimpun berbagai informasi penunjangnya. Anda dapat menghimpun informasi terkait kondisi pasar, ekonomi negara, inovasi bisnis kompetitor dan lain sebagainya. Informasi-informasi yang dihimpun ini dapat dianalisa dan sesuaikan dengan kondisi internal serta eksternal perusahaan.

  1. Merumuskan pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan

Pada tahap ini, perusahaan diharapkan dapat membuat faktor-faktor keberhasilan (key success factors) yang dirancang berdasarkan analisis sebelumnya. Dengan tujuan dan target yang terukur ini, lakukan evaluasi berbagai alternatif strategi dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi. Pilihlah strategi yang paling sesuai untuk mencapai tujuan dalam jangka waktu pendek dan pajang.

  1. Mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif

Implementasi strategi melibatkan pengalokasian sumber daya dan pelaksanaan tindakan yang diperlukan agar sesuai dengan strategi bisnis yang telah ditetapkan. Anda dapat melakukannya secara bertahap atau secara bersamaan sesuai dengan hasil tahapan sebelumnya.

Pada tahap ini akan melibatkan perencanaan dan koordinasi aktivitas perusahaan, serta komunikasi strategi kepada seluruh pihak yang terlibat. Namun dalam situasi tertentu terkadang perlu strategi alternatif yang dapat digunakan ketika menghadapi situasi yang tidak bisa dikontrol tetapi sudah diprediksi sebelumnya.

  1. Mengevaluasi efektivitas strategi dan dampaknya terhadap kinerja bisnis

Pada tahap terakhir, Anda akan melakukan evaluasi dan pengawasan hasil dari implementasi strategi. Evaluasi dilakukan guna mengetahui tingkat keberhasilan strategi dan menentukan apakah diperlukan perubahan atau perbaikan. Namun untuk bagian yang memang berjalan dengan lancar dapat dipertahankan.

 

Setiap strategi bisnis yang telah dibuat pasti terdapat fungsi dan tujuan yang ingin dicapai. Strategi bisnis menjadi hal penting untuk mempersiapkan perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang. Ada banyak tahap yang perlu dilewati dan tentunya kadang tidak berjalan sesuai rencana. Namun, dengan manajemen yang baik semuanya bisa teratasi.