Inspiratif, Inilah Kisah Kegigihan Fitriasari sebagai Salah Satu Garda Depan Penjualan di SISI

Friday, 22 November 2019

Keyakinan dan kerja keras menjadi bekal utama bagi Fitria Ramadhan Sari atau biasa dipanggil Fitriasari, Manager Sales di area Semen Indonesia Group (SMIG) SISI saat ini. Sejak Oktober 2018 lalu, menjadi awal perjalanan Fitriasari bergabung bersama menjadi bagian dari Sobat SISI. Passion-nya di bidang sales and marketing membuatnya terus  mengasah diri dan refleksi terhadap pencapaian dirinya saat ini.

Mengawali karir sebagai marketing di salah satu perusahaan bidang System Integrator ternama di Jakarta, membuatnya semakin memacu diri untuk terus melakukan pencapaian. Saat ini dirinya menjalankan pekerjaan sebagai seorang sales sekaligus marketing yang notabene harus menggabungkan dua skill set yang berbeda.

“Sebenarnya sales dan marketing itu dua hal yang berbeda tapi harus saya blend jadi satu. Selain harus meyakinkan (calon) customer untuk terus merasakan kebutuhan akan produk yang kita jual, tapi juga dengan  menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para customer, partner bisnis, serta vendor yang terkait pemasaran produk,” ujar Fitriasari.

Ada banyak adaptasi yang harus dilakukan Fitriasari saat menjadi Manager Sales di area SMIG saat ini. Menurutnya banyak hal baru dan pengalaman yang menarik saat melakukan handling segala kebutuhan teknologi informasi yang ada di lingkungan kerja SMIG.

“Menjadi seorang sales marketing, dibilang ribet sih tidak ya. Karena semua sudah tertuang dalam peraturan dari pengadaan, seyogianya harus compliance dalam segala hal. Terutama berkaitan dengan administratif dan dokumentasi, it’s a must dalam setiap pekerjaan,” lanjut Fitriasari.

Dalam sesi terakhir wawancara dengan Fitriasari, dirinya berbagi tips kepada para sales dan marketing junior saat ini untuk terus berkomunikasi secara intense dengan para customer dan terus melakukan upgrade knowledge berkaitan dengan solusi-solusi IT terkini. Dengan demikian, diharapkan tim sales dapat semakin menggali permasalahan dan kebutuhan dari customer, sehingga tim sales dapat menawarkan solusi-solusi yang terpercaya untuk mengatasinya.