Kenali Berbagai Macam Ekspansi agar Bisnis dapat Terus Tumbuh

Friday, 21 October 2022

Setiap bisnis yang ingin mencapai keuntungan maksimal, pasti memiliki tujuan untuk melakukan ekspansi terhadap bisnisnya. Ekspansi bisnis sendiri merupakan sebuah  aktivitas untuk memperbesar atau memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lain-lain.

Tidak dapat dipungkiri ketika kita menjalankan bisnis selalu membutuhkan proses untuk tumbuh sehingga ekspansi bisnis sangatlah diperlukan. Ekspansi yang tepat dapat berdampak pada peningkatan kekuatan bisnis, peningkatan keuntungan, akses teknologi serta munculnya pelanggan baru. Namun sebenarnya tahukah Anda apa saja jenis ekspansi yang bisa dilakukan?

 

Menambah Penawaran Baru

Saat berbisnis, jangan hanya gunakan koneksi atau sumber daya yang sudah dimiliki. Anda dapat mencoba dengan membuat penawaran terhadap produk atau layanan yang baru. Pengembangan produk baru ini memberikan kesempatan bagi produsen untuk menambah revenue stream bagi perusahaan. Ekspansi seperti ini sering juga dilakukan karena adanya potensi pasar baru bagi produk yang dimiliki oleh bisnis.

Namun sebelum membuat ini, ada baiknya Anda melakukan survei pasar mengenai apa saja yang diinginkan oleh para pelanggan. Anda juga dapat melakukan evaluasi terlebih dahulu dan melihat peluang baru. Sehingga hal ini yang membuat tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Sah-sah saja ketika Anda mau melakukan ini, namun yang perlu diingat Anda dapat menambahkan produk yang tidak terlalu menyimpang dari produk utama.

Mengoptimalkan Pasar yang Sudah Ada

Strategi lainnya yang bisa ditempuh untuk melakukan ekspansi bisnis adalah dengan mengoptimalkan pasar yang sudah ada. Maksud disini adalah Anda sebagai pemilik bisnis dapat memperbesar peluang untuk produk Anda mampu dibeli oleh pelanggan yang sudah pernah membeli sebelumnya. 

Agar ekspansi jenis ini dapat berjalan dengan optimal, ada baiknya Anda mengklasifikasikan segmentasi pasar sesuai dengan jenis kebutuhan customer. Setelah melakukan klasifikasi, Anda dapat mencoba untuk menawarkan produk sesuai dengan kebutuhannya dengan skema kerja sama yang menguntungkan. Dengan hal ini mereka akan berlangganan banyak produk dan layanan pada Anda.

Pindah ke Pasar Baru

Salah satu kriteria ekspansi bisnis adalah menciptakan pasar baru. Jika bisnis Anda menciptakan produk serta layanan yang berbeda dengan bisnis sebelumnya, tentu saja diperlukan target konsumen yang berbeda dan sesuai dengan produk tersebut. 

Dengan jenis ekspansi ini, Anda dapat memperluas dari segi lokasi pemasaran atau memfokuskan upaya pemasaran pada segmen pelanggan baru. Anda juga dapat tetap bisa membawa produk lama untuk dipasarkan di bagian yang berbeda. Strategi ekspansi ini memang ditujukan untuk mencari kemungkinan target konsumen lain yang tepat untuk produk serta layanan Anda.

Memulai Membuka Cabang

Apabila Anda telah melihat banyak perkembangan bisnis utama, ada baiknya Anda membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan konsumen. Cabang baru ini dapat Anda maksimalkan pada wilayah yang sama atau yang berbeda. 

Jika cabang masih dalam satu wilayah yang sama, ini akan membantu cabang utama dalam melayani konsumen. Namun jika cabang berada di wilayah yang berbeda, Anda dapat memperluas konsumen baru di daerah yang berbeda dan bisa jadi memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat.

 

Itu tadi beberapa contoh jenis ekspansi bisnis yang dapat Anda coba. Anda juga dapat menggabungkan beberapa kolaborasi teknologi untuk menunjang keberhasilan Anda dalam melakukan ekspansi bisnis. Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan informasi lengkap mengenai solusi digital yang tepat untuk menunjang proses bisnis Anda. Hubungi kami!