Ketahui Berbagai Ragam Kolaborasi di Lingkungan Kerja

Friday, 29 July 2022

Kolaborasi adalah istilah yang saat ini sering dianggap penting oleh para pelaku bisnis. Keberadaan kolaborasi yang dilakukan di lingkungan kerja diyakini mampu meningkatkan produktivitas bisnis. Adanya kolaborasi antar anggota tim akan menyatukan berbagai keterampilan, talenta, dan ide guna meraih tujuan bersama. 

Saat kolaborasi dilakukan dengan benar, hal ini dapat memiliki dampak positif pada tim dan perusahaan. Kolaborasi diyakini mampu meningkatkan efisiensi, inovasi, dan relasi antar unit kerja. Namun sebenarnya tahukah kalian bahwa kolaborasi itu memiliki banyak jenisnya. Dilansir dari glints berikut beberapa jenis kolaborasinya:

 

Kolaborasi internal

Kolaborasi internal adalah ketika individu atau kelompok dalam suatu organisasi bekerja sama dan berbagi pengetahuan. Kategori kolaborasi ini luas dan menyeluruh di berbagai tingkat organisasi dalam suatu perusahaan. Biasanya dalam kolaborasi internal mencakup informasi yang bersifat rahasia dan tidak dibagikan dengan pihak eksternal kecuali jika ada kondisi khusus. Kolaborasi ini memiliki banyak manfaat diantaranya transparansi informasi, individu yang terlibat dalam kolaborasi internal dapat saling berbagi informasi dan ide untuk mengejar tujuan serta menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

Kolaborasi eksternal

Sesuai dengan namanya, kerjasama ini berlangsung dengan pihak luar/ pihak eksternal. Kolaborasi eksternal ini dapat mencakup pelanggan, vendor, organisasi lain, dan pesaing. Melalui kolaborasi ini organisasi dapat dapat menggunakannya untuk beberapa tujuan yang mendukung keberlangsungan  bisnis, seperti pemberian feedback dan insight tentang pengalaman produk yang dimiliki perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan wawasan ini untuk menilai pengalaman pelanggan yang ada di tokonya dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

Kolaborasi tim

Kolaborasi tim adalah salah satu bagian dari kolaborasi internal dengan individu yang terlibat lebih spesifik. Biasanya kolaborasi ini terbagi berdasarkan tim dengan anggota yang saling mengenal satu sama lain dan tugas pekerjaan yang saling berkesinambungan. Dalam sebuah tim, selalu ada pembagian tugas pada masing-masing individu dan mereka berkolaborasi menuju tujuan yang sama. Tak jarang dalam proses kolaborasinya mereka saling berbagi pengetahuan atau informasi yang relevan dengan tujuan tersebut. 

Kolaborasi cross-departemen

Kolaborasi cross-departemen adalah jenis lain dari kolaborasi internal di mana individu atau kelompok dari berbagai bidang organisasi bekerja sama. Biasanya, dalam kolaborasi salah satu departemen akan menyediakan sumber daya atau pengetahuan yang dibutuhkan oleh departemen lain. Kolaborasi ini biasanya terjadi akibat ada tugas tertentu dari salah satu departemen seperti menyelesaikan sebuah proyek.  

Community collaboration

Community collaboration adalah kolaborasi yang melibatkan kerjasama individu atau bisnis lain dalam sebuah komunitas. Komunitas ini beragam bisa jadi dari komunitas bisnis lokal, komunitas pelanggan, dan lain sebagainya. Seringkali, tujuan kolaborasi komunitas ini adalah untuk belajar dan berbagi pengetahuan daripada menyelesaikan tugas atau proyek bisnis.

Kolaborasi virtual

Sesuai dengan namanya tentu kolaborasi ini mengandalkan virtualisasi dalam proses pelaksanaannya. Dalam kolaborasi ini individu yang terlibat dapat berkolaborasi dari lokasi yang berbeda dengan mudah tanpa adanya sekat geografis. Jenis kolaborasi ini penting bagi bisnis yang memiliki tim jarak jauh dimana individu yang terlibat tidak bekerja di kantor atau bekerja secara remote. Biasanya mereka menggunakan aplikasi penunjang seperti Zoom, Google meet, dan sebagainya. 

Network Collaboration

Network Collaboration adalah sekelompok bisnis dengan tujuan dan nilai bersama sebagai network. Antar perusahaan saling berkolaborasi dalam proyek yang saling menguntungkan dan mendapatkan akses ke sumber daya atau basis pelanggan masing-masing. Pada kolaborasi ini setiap orang tidak dapat mengenal satu sama lain secara personal. Masing-masing individu dapat saling berkontribusi dengan berbagi informasi atau keahlian untuk digunakan orang lain demi keuntungan pribadi.

Cloud collaboration

Kolaborasi cloud merupakan jenis lain dari kolaborasi virtual. Kolaborasi ini menggunakan perangkat lunak cloud untuk mengerjakan dokumen yang sama dari lokasi yang berbeda. Dokumen ini memungkinkan kolaborator untuk saling berbagi, meninanjau, dan mengedit secara real-time. Jenis kolaborasi ini efektif untuk menampung dan berbagi file besar di dalam organisasi dengan pengaturan orang yang akses sesuai yang diinginkan.

 

Sebagai pebisnis, sudah saatnya melakukan pengembangan usaha melalui berkolaborasi. Anda dapat merangkul bisnis atau perusahaan eksternal yang memiliki tujuan sama. Anda juga dapat melakukan kolaborasi dengan penyedia solusi digital untuk menunjang operasional bisnis dengan lebih mudah.

SISI merupakan perusahaan penyedia solusi digital yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penanganan dan pengaturan operasional bisnis. Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda!