Kompetisi dan Manfaatnya bagi Produktivitas Kerja

Friday, 10 June 2022

Pada dasarnya kompetisi memang dibutuhkan di dalam kehidupan agar dapat terus bergerak maju. Bahkan kondisi tersebut yang mendorong evolusi biologis dan psikologis manusia. Dengan semangat kompetisi kehidupan manusia banyak mengalami perkembangan yang menciptakan berbagai inovasi menakjubkan. 

Begitu juga di dalam dunia kerja, semangat kompetisi pun perlu dibudayakan dengan sehat. Selain dapat memberi banyak manfaat, semangat kompetisi ini juga dapat ditujukan untuk menguji dan mengukur berbagai kompetensi. Berikut beberapa manfaat kompetisi kerja:

 

  • Meningkatkan daya kerja otak

Berkompetisi dapat mendorong motivasi seseorang untuk terus haus ingin belajar dan menang. Hal ini tentu berdampak pada diri personal untuk berkembang menjadi lebih baik. Ketika sedang berkompetisi, daya kerja otak kita akan semakin meningkat karena terus didorong untuk berpikir tentang strategi-strategi ampuh yang dapat dipergunakan dalam memenangkan persaingan atau kompetisi. Setelah berhadapan dengan kesibukan kompetisi dan berhasil memenangkannya, maka otak akan semakin termotivasi untuk terus mengalami kemenangan dalam kompetisi.

 

  • Meningkatkan motivasi

Ketika di dalam sebuah kompetisi, salah satu perasaan yang timbul di dalam benak setiap orang adalah menjadi yang terbaik. Namun sebelum mampu bersaing, seseorang itu harus berusaha untuk menjadi lebih baik dari kondisi diri yang sebelumnya. Hal tersebutlah yang mendorong motivasi seseorang untuk menjadi terus maju dan berkembang lebih baik setiap harinya.

 

  • Meningkatkan produktivitas

Kompetisi juga berguna untuk meningkatkan produktivitas. Seseorang yang sedang berkompetisi nantinya akan menghabiskan banyak waktu untuk berusaha. Semangat kompetisi juga akan mampu mendorong seseorang untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, tanpa melakukan sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan. Dengan begitu, hasil pencapaian yang diperoleh bisa lebih baik dari sebelumnya.

 

Dengan semangat kompetisi di lingkungan kerja, tentunya kita akan lebih terdorong untuk cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dan juga mementingkan kualitas dari hasil pekerjaan yang dimiliki. Hal ini akan memacu seseorang untuk lebih fokus dalam pekerjaan agar dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.