Pahami dan Tingkatkan Kemampuan Tim dengan Berkolaborasi

Friday, 1 July 2022

Dalam dunia kerja, tentu kita tidak mengerjakan semuanya sendirian. Masing-masing bagian dalam pekerjaan memiliki tugas sendiri untuk saling berkolaborasi sehingga mencapai tujuan perusahaan yang baik. 

 

Kolaborasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk interaksi, diskusi, kompromi, kerjasama yang berhubungan dengan individu, kelompok atau beberapa pihak lainnya, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Kolaborasi kerja ditanamkan di banyak perusahaan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Berikut beberapa manfaat dari gabungan kemampuan tim melalui kolaborasi,

  1. Mengetahui dan menganalisis potensi diri

Kolaborasi adalah kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk lebih mengenal dirinya sendiri, mulai dari kelebihan dan kekurangan. Saat melakukan kolaborasi dengan orang lain, secara tidak langsung Anda akan mengetahui apa keterampilan yang bisa ditonjolkan dan di bagian mana yang membutuhkan bantuan dari orang lain. Di sisi lain, hal ini tentu juga akan dirasakan oleh rekan kerja. Dengan demikian, semua bagian dalam perusahaan dapat saling melengkapi satu sama lain melalui kolaborasi.

  1. Saling berbagi ilmu

Kolaborasi dapat membawa orang-orang dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang berbeda secara bersamaan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kemungkinan untu mempelajari berbagai jenis pengetahuan dari orang lain, yang juga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam diri. Kita juga dapat saling berbagi wawasan dengan rekan tim.

  1. Meningkatkan efisiensi pekerjaan

Dikarenakan ada beberapa kepala yang terlibat dalam kolaborasi, manfaat yang bisa didapatkan adalah menciptakan perubahan yang positif dalam pekerjaan. Sebab, setiap orang tentu memiliki ide dan pemikiran yang berbeda dalam memandang tugas-tugas pekerjaan.

Beberapa orang yang bekerja bersama juga dapat membagi tugas dengan cara memanfaatkan kekuatan terbesar masing-masing individu. Anda dapat lebih mudah bekerja sama untuk menyelesaikan proyek dan memenuhi tenggat waktu ketika mendapat dukungan dari tim. Sehingga ini akan dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

  1. Membantu memecahkan masalah

Jika dihadapi sendiri, masalah-masalah dalam pekerjaan menjadi sulit untuk diselesaikan. Namun dengan banyaknya orang yang terlibat dalam kolaborasi, maka ide-ide yang disampaikan juga akan semakin banyak. 

Melalui kolaborasi, suatu masalah yang dihadapi seakan-akan menemui jalan keluarnya. Hal ini sering terjadi dalam pekerjaan dan dapat membantu Anda menemukan solusi dengan lebih cepat dan tepat karena dapat melihat dari perspektif yang beragam. 

  1. Peningkatan kualitas perusahaan

Tidak dapat dipungkiri, dengan kolaborasi kita akan mendapatkan beberapa perspektif baru untuk pengembangan bisnis. Kolaborasi ini memungkinkan munculnya perspektif baru serta memicu munculnya kreativitas yang tak terduga. Ini dapat memberikan inspirasi mengenai langkah yang tepat untuk membuat bisnis agar tetap kreatif dan inovatif.

 

Itu tadi beberapa manfaat yang dapat menjadi referensi mengapa Anda harus melakukan kolaborasi. Untuk menunjang bisnis Anda, SISI juga hadir dengan berbagai solusi layanan digital untuk mendukung kebutuhan kolaborasi. Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda.