Workshop Asesmen Tata Kelola IT Tandai Kerja Sama dengan MRT Jakarta

Monday, 27 June 2022

Sejalan dengan program strategis peningkatan daya saing perusahaan, PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) menjalin kerja sama dengan SISI dalam rangka pelaksanaan Asesmen Tata Kelola IT. Pelaksanaan kerja sama ini ditandai dengan adanya kegiatan workshop yang diadakan di Jakarta secara berkala sejak tanggal 31 Mei 2022 dan 3 Juni 2022 lalu.

Dalam kegiatan workshop ini terbagi menjadi 2 sesi, di mana sesi pertama membahas mengenai gambaran umum terkait dengan COBIT 2019 dan sesi 2 mengenai teknis proses asesmen. Kegiatan ini diikuti oleh Departemen IT dan Departemen Internal Audit MRT Jakarta.

Melalui kerja sama ini nantinya SISI akan melakukan serangkaian kegiatan IT Capability dan Maturity Level Assessment sebagaimana standar COBIT 2019, kemudian melakukan analisa dan rekomendasi, serta melaksanakan workshop & sosialisasi sebagai bagian dari edukasi kegiatan Asesmen Tata Kelola IT. Program asesmen tingkat maturitas tata kelola IT ini merupakan langkah awal dalam serangkaian inisiatif strategis untuk meningkatkan maturity & kapabilitas tata kelola teknologi informasi di lingkungan MRT Jakarta. 

Randito Ananda selaku Project Manager dari SISI mengatakan pihaknya optimis dapat melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan yang diharapkan. “Posisi sekarang kita sudah mulai melaksanakan asesmen. Terdapat 5 domain dan kita sudah menyelesaikan salah satu domain. Semoga proyek ini dapat selesai sesuai rencana pada Agustus tahun ini .”

Selanjutnya SISI tidak hanya melakukan penyelarasan dan implementasi Tata Kelola IT dengan menggunakan framework COBIT 2019, akan tetapi juga melakukan penyusunan kebijakan, pedoman, serta SOP yang diperlukan perusahaan sebagai acuan dalam pengelolaan Tata Kelola IT. “Dengan beberapa timeline kerja yang kita buat, semoga kerja sama ini dapat memberikan dampak yang positif dari berbagai improvement yang akan kita lakukan,” imbuh Dito.