PMO, Tim Di Balik Layar Keberhasilan Proyek

Friday, 28 February 2020

SISI terus berkelanjutan meningkatkan kualitas layanan sesuai kesepakatan dengan customer sehingga tepat waktu, tepat mutu, serta sesuai dengan cakupan. Guna mendukung hal tersebut, SISI memiliki unit kerja khusus untuk mengelola proyek yakni unit kerja Project Management Office.

Unit kerja Project Management Office atau PMO ini bertanggung jawab untuk merencanakan, memeriksa, serta mengontrol seluruh kegiatan yang terkait dengan pengerjaan proyek. Selain itu PMO juga melakukan penyusunan rekomendasi bagi seluruh kegiatan yang terkait dengan project management yang ada.

Achmad Saifudin Hajar selaku Senior Officer PMO SISI mengatakan, “Setiap pengerjaan proyek dapat distandarisasi dan didisiplinkan melalui proses dan sistem aplikasi FORCA ERP. Dengan menjaga standar dalam manajemen proyek lah diharapkan suatu organisasi dapat menyelesaikan proyek dengan OTOBOS (on time, on budget, on scope).”

Sebagai informasi nih Sobat, unit kerja PMO SISI juga dituntut untuk multi tasking dan multi purpose karena harus mengelola banyak proyek sekaligus. Achmad Saifudin Hajar juga berpendapat, bahwa keberhasilan pengelolaan proyek harus dimulai dari tertib administrasi bagi setiap individu yang terlibat, karena setiap individu akan memiliki peran penting masing-masing dalam pengerjaan proyek.

Banyak pengalaman bekerja sebagai PMO, salah satunya Muhammad Saleh Arif selaku staf project control SISI ini. Dirinya mengakui, “Mengelola proyek di SISI sejauh ini bisa dikatakan cukup menantang, mengingat begitu banyaknya proyek yang ditangani dalam satu waktu, lengkap dengan berbagai macam issue di masing-masing proyek tersebut. Beruntung saat ini ada tim yang telah berpengalaman dan saling mendukung satu sama lain, sehingga tantangan ini dapat diselesaikan dengan baik.”